PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021 BERDASARKAN INDIKATOR PENDIDIKAN DENGAN METODE K-MEANS CLUSTER


Alfin Widyatmoko, 4112317035 (2023) PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021 BERDASARKAN INDIKATOR PENDIDIKAN DENGAN METODE K-MEANS CLUSTER. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112317035_Alfin Widyatmoko.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hak asasi manusia yang diakui dunia dan meruapakn hak dari setiap warga Negara Indonesia. Memenuhi hak atas pendidikan yang bermutu adalah kewajiban Negara yang dapat juga digunakan sebagai tolak ukur pemerataan hasil pembangunan dan sumber daya manusia. Pendidikan digunakan sebagai landasan bagi bangsa untuk meraih kemakmuran di masa depan terlebih lagi di era globalisasi di mana persaingan antar bangsa yang kian ketat. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menerapkan metode KMeans cluster dalam mengelompokkan kabupaten/kota berdasarkan indikator pendidikan di provinsi Jawa Tengah tahun 2021, mengetahui karakteristik cluster yang terbentuk, dan mengetahui variabel yang memberikan perbedaan paling besar pada cluster yang terbentuk. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder dari publikasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan BPS Provinsi Jawa Tengah. Objek penelitian yang dipakai adalah 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Angka Partisipasi Sekolah (APS) 7-12 tahun (X1), Angka Partisipasi Sekolah (APS) 13-15 tahun (X2), Angka Partisipasi Sekolah (APS) 16-18 tahun (X3), Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/sederajat (X4), Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/sederajat (X5), Angka Partisipasi Kasar (APK) SMA/sederajat (X6), Angka Partisipasi Murni (APM) SD/sederajat (X7), Angka Partisipasi Murni (APM) SMP/ sederajat (X8), Angka Partisipasi Murni (APM) SMA/ sederajat (X9), Angka Melek Huruf (AMH) usia 15 tahun ke atas (X10). Data akan dianalisis menggunakan metode K-Means Cluster dengan bantuan software SPSS. Dari hasil analisis K-Means Cluster dikelompokkan kabupaten/kota di Jawa Tengah menjadi 3 kelompok cluster. Cluster 1 merupakan kelompok kabupaten/kota dengan tingkat pendidikan tinggi terdiri dari 15 kabupaten/kota. Cluster 2 merupakan kelompok kabupaten/kota dengan pendidikan sedang terdiri dari 4 kabupaten/kota. Cluster 3 merupakan kelompok kabupaten/kota dengan tingkat pendidikan rendah terdiri dari 16 kabupaten/kota. Karakteristik cluster 1 berisi jumlah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, K-Means Cluster, Clustering Non-Hierarki
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:26
Last Modified: 11 Jan 2024 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61087

Actions (login required)

View Item View Item