KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED MATERI KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII


Desfriyanti Rahmatika, 4101418147 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED MATERI KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101418147 - Desfriyanti Rahmatika xx (tidak bisa di upload.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran matematis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni masih tergolong rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan open ended. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran MMP dengan pendekatan open ended ditinjau dari self regulated learning siswa. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan strategi explanatory sequential design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling diperoleh 2 kelas, yaitu kelas VIII C (kelompok kontrol) dan VIII E (kelompok eksperimen). Subjek penelitian dipilih 6 orang menggunakan purposive sampling yang masing-masing terdiri dari 2 siswa kelompok self regulated learning (atas, tengah, dan bawah). Data penelitian diambil dengan teknik tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematis siswa dengan model pembelajaran MMP dengan pendekatan open ended mencapai ketuntasan klasikal; (2) terdapat pengaruh positif self regulated learning siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada model pembelajaran MMP dengan pendekatan open ended, yaitu 17,1%; (3) rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada model pembelajaran MMP dengan pendekatan open ended lebih baik dibandingkan ratarata kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik; (4) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari self regulated learning siswa pada model pembelajaran MMP dengan pendekatan open ended. Rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelompok self regulated learning atas lebih baik daripada rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelompok self regulated learning tengah dan bawah; (5) deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari self regulated learning pada model pembelajaran MMP dengan pendekatan open ended, yaitu (a) siswa dengan self regulated learning tingkat atas mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis dengan baik; (b) siswa dengan self regulated learning tingkat tengah cenderung cukup mampu dalam menyajikan pernyataan matematika, melakukan manipulasi matematika, menentukan pola atau sifat gejala matematis dan cukup mampu menarik kesimpulan dan memeriksa kesahihan; (c) siswa dengan self regulated learning tingkat bawah cenderung mampu dalam menyajikan pernyataan matematika, namun cenderung tidak mampu memenuhi pada tiga tahap lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Self Regulated Learning, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, Pendekatan Open Ended, Koordinat Kartesius.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:21
Last Modified: 11 Jan 2024 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61086

Actions (login required)

View Item View Item