PROBLEMATIKA PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 KENDAL DI ERA NEW NORMAL


Reno Artiningsih, 3101418058 (2022) PROBLEMATIKA PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 1 KENDAL DI ERA NEW NORMAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101418058_Reno Artiningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pembelajaran di era new normal yang belum stabil membuat pengelolaan kelas menyesuaikan dengan kondisi yang ada, belum lagi dengan kondisis yang belum stabil tersebut membuat problemataiak muncul dalam pengelolaan kelas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang dapat diidentifikasi dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:(1)Bagaimana pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kendal di era new normal?.(2)Problematika apa saja yang dihadapi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kendal di era new normal?.(3)Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika yang terjadi di dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kendal di era new normal?. Dengan rumusan masalah tersebut dapat diketahui bahwa manfaat dari penelitian adalah mengetahui problematika apa saja yang dihadapi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kendal khususnya di era new normal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kendal. Metode kualitatif digunakan karena untuk memahami gambaran mengenai problematika pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kendal di era new normal dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata, dengan konteks khusus yang alamiah dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Teknik dalam pengambilan data dalam penelitian meliputi (1) observasi, (2) wawancara, (3) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa problematika yang terjadi dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di era new normal. Diantaranya masalah yang bersifat fisik yaitu keterbatasan fasilitas, penataan dan penggunaan ruangan yang monoton. Masalah yang bersifat non-fisik yaitu permasalahan rendahnya kedisiplinasn siswa, motivasi belajar siswa, dan kerjasama siswa. Problematika tersebut membaut pembelajaran sejarah menjadi tidak berjalan seacara maksimal. Untuk mengatasi problematika pembelajaran sejarah tersebut guru berupaya untuk mengkobinasikan media dan media yang lebih baik jika diterapkan dalam situasi era new normal. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah guru sudah berupaya semaksimal dalam mengelola kelas pada pembelajaran sejarah di era new normal dengan sumber daya yang ada. Pada jalannya pengelolaan kelas tidak hanya masalah lingkungan secara fisik saja, namun juga ada juga masalah non-fisik pada pengelolaan kels pada pembelajaran sejarah di era new normal. Saran dari problematika pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah adalah guru dapat memanfaatkan mediadan metode pembelajaran yang menarik dan komunikasi yang baik anatara guru dengan siswa dan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:03
Last Modified: 11 Jan 2024 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61083

Actions (login required)

View Item View Item