PELATIHAN KURSUS MENJAHIT PADA MASA PANDEMI DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KUDUS


Sandra Gita Nur Aprinasari, 1201417007 (2023) PELATIHAN KURSUS MENJAHIT PADA MASA PANDEMI DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201417007 - Sandra Gita Nur Aprinasari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengangguran adalah problem yang terus menumpuk sehingga bertambah dari tahun ke tahun. Persoalan pengangguran bukan hanya sekedar pada semakin menyempitnya dunia kerja, tetapi juga rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM). Pemerintah telah mengupayakan berbagai hal dalam mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia salah satunya melalui pendidikan nonformal yaitu BLK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelatihan kursus menjahit serta faktor pendukung dan penghambat pada masa pandemi di UPTD Balai Latihan Kerja Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek berjumlah tujuh orang terdiri dari tiga informan utama yaitu Kepala BLK Kudus dan dua instruktur serta subjek pendukung yaitu empat peserta pelatihan yang berkontribusi dalam pelaksanaan pelatihan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pelatihan di BLK Kudus yaitu strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman, dan strategi pembelajaran mandiri. BLK Kudus lebih sering menggunakan strategi pembelajaran lanngsung dan strategi pembelajaran interaktif. Faktor pendukung yaitu instruktur dan fasilitas faktor pendukung eksternal yaitu motivasi Faktor penghambat turunnya motivasi dan faktor penghambat eksternal yaitu pandemi covid. Simpulan penelitian BLK Kudus lebih sering menggunakan strategi pembelajaran lanngsung dan strategi pembelajaran interaktif. Strategi pembelajaran langsung dengan menggunakan metode ceramah ,demonstrasi dan praktek peserta pelatihan. Strategi pembelajaran interaktif digunakan dengan cara diskusi terkait pemecahan masalah. Faktor pendukung yaitu instruktur dan fasilitas faktor pendukung eksternal yaitu motivasi Faktor penghambat turunnya motivasi dan faktor penghambat eksternal yaitu pandemi covid. Saran peneliti yaitu mengenai penyebaran informasi pelatihan lebih diperluas dan penyaluran kerja atau pembentukan kelompok usaha oleh BLK untuk menyalurkan keterampilan peserta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi, pembelajaran, pelatihan, balai latihan kerja.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:34
Last Modified: 11 Jan 2024 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61076

Actions (login required)

View Item View Item