PENGARUH PENGEMBANGAN KONTEN YOUTUBE PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI DI ERA NEW NORMAL DI TPQ BAITURRAHMAN JATISARI


Nabila Ayu Ghossania, 1601417102 (2022) PENGARUH PENGEMBANGAN KONTEN YOUTUBE PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI DI ERA NEW NORMAL DI TPQ BAITURRAHMAN JATISARI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601417102_Nabila Ayu Ghossania.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan motorik adalah proses perkembangan yang berkesinambungan dan terjadi secara signifikan untuk pembentukan tulang, tumbuh kembang, gerakan otot-otot dan syaraf sesuai rentang usianya yang mana akan mempengaruhi keterampilan anak dalam bergerak. Perkembangan motorik ini dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan konten youtube permainan tradisional dalam pengembangan motorik anak usia dini di era new normal di TPQ Baiturrahman Jatisari. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Desain eksperimen menggunakan quasi eksperimental design.Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, pre test dan post test. Analisis data dengan mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, kemudian menyajikan data pada setiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah, selanjutnya melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai score 81,60% % termasuk kategori efektivitas tinggi. Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan konten youtube melalui permainan tradisional berpengaruh terhadap kemampuan motorik anak usia 4-6 tahun. Artinya permainan tradisional bisa diterapkan di sekolah dengan tingkat keefektifannya melalui pertimbangan sebagai upaya meningkatkan motorik anak usia dini. Uji N-Gain telah mencapai indikator yang diharapkan sebesar 81,60%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pengembangan konten youtube melalui permainan tradisional dapat meningkatkan perkembangan motorik anak usia dini. Selain itu dapat dijadikan sebagai alternatif guru dalam upaya mengenalkan permainan tradisional pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konten Youtube, Permainan Tradisional, Motorik Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:30
Last Modified: 11 Jan 2024 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61075

Actions (login required)

View Item View Item