HUBUNGAN ANTARA CAREER DECISION MAKING SELF EFFICACY DAN KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA MENENGAH ATAS DI KECAMATAN GUNUNGPATI


Jamilah, 1301415049 (2023) HUBUNGAN ANTARA CAREER DECISION MAKING SELF EFFICACY DAN KESULITAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA MENENGAH ATAS DI KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301415049 - Jamilah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi mengenai banyaknya siswa Sekolah Menengah Atas yang kesulitan dalam pengambilan keputusan karir disebabkan rendahnya tingkat career decision making self efficacy. Hasil studi pendahuluan dan wawancara terhadap guru Bimbingan dan Konseling juga menguatkan asumsi tersebut. Diperlukan penelitian spesifik yang mengulas persoalan career decision making self efficacy dengan kesulitan pengambilan keputusan karir, mengingat kemampuan career decision making self efficacy merupakan komponen penting yang berpengaruh terhadap kesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran tingkat career decision making self efficacy, kesulitan pengambilan keputusan karir dan hubungan antara career decision making self efficacy dengan kesulitan pengambilan keputusan karir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan adalah siswa SMA yang ada di Kecamatan Gunungpati yang berjumlah 265 siswa. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala career decision making self efficacy-short form(CDMSE-SF) dan career decision-making difficulties questionaries (CDDQ). Uji validitas menggunakan product moment, uji reliabilitas menggunakan alpha chronbach. Teknik analisis data menggunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment (pearson). Hasil penelitian menunjukkan: (1) gambaran career decision making self efficacy pada siswa berada pada kategori tinggi dengan dengan skor klasifikasi antara 83-100 sebesar 52,5%. (2) gambaran kesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa juga berada pada kategori tinggi dengan skor klasifikasi antara 102-124 sebesar 55,5%. (3) terdapat hubungan yang negatif dan signifikan dengan derajat korelasi antara career decision making self efficacy dengan kesulitan pengambilan keputusan karir dengan nilai (p= 0.004 < 0.05) dan (r= -0, 175) pada rentang 0,00 – 0,199 derajat interpretasi koefisien korelasi. Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan yang negatif dan signifikan dengan derajat korelasi sangat rendah antara career decision making self efficacy dengan kesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa menengah atas yang ada di Kecamatan Gunungpati. Saran peneliti selanjutnya agar lebih memperhatikan variabel eksternal yang mungkin berpengaruh seperti jenis kelamin, lingkungan, pengalaman masa lalu ataupun kondisi social-ekonomi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Career decision making self efficacy, kesulitan pengambilan keputusan karir
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:25
Last Modified: 11 Jan 2024 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61074

Actions (login required)

View Item View Item