PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF GENDER DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KABUPATEN KENDAL
Anisa Diah Puspitasari, 1201418073 (2023) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF GENDER DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Microsoft Word
Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Perempuan sudah semestinya memperoleh kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam hal keterampilan, kesempatan kerja, dan membuka peluang usaha berdasarkan program pelatihan untuk mencapai kemandirian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis proses pemberdayaan perempuan dalam perspektif gender di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kendal dan pemberdayaan perempuan dalam kerangka analisis harvard. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan dipadukan analisis Harvard meliputi profil aktivitas, akses dan kontrol serta faktor yang mempengaruhinya. Sumber data penelitian meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik yang kemudian dianalisis secara kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta dipadukan dengan analisis Harvard. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses pemberdayaan dalam perspektif gender di BLK Kendal dimulai dengan upaya menyadarkan pola pikir melalui sosialisasi, menunjukkan adanya permasalahan perempuan, memilih dan menetapkan jenis kegiatan pemberdayaan dan menguji keahlian sebelum disalurkan ke industri garmen, salon kecantikan/klinik kecantikan. (2) Berdasarkan analisis Harvard menunjukan bahwa kedudukan anak perempuan pada kegiatan produktif hanya membantu memenuhi kebutuhan keluarga dan pada kegiatan reproduktif juga membantu pekerjaan domestik diwaktu luangnya. Anak perempuan dan laki-laki diperlakukan secara adil dan setara dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Simpulan penelitian yaitu BLK Kendal telah melaksanakan proses pemberdayaan perempuan dalam perspektif gender dengan baik melalui program kegiatan menjahit dan tata rias. Saran penelitian yaitu hendaknya, perempuan yang sudah mengikuti kegiatan pemberdayaan berani mencoba membuka peluang usaha untuk dirinya sendiri dan orang lain agar menjadi perempuan yang mandiri. BLK Kabupaten Kendal perlu melakukan evaluasi dan pemantauan terhadap peserta setelah program pemberdayaan selesai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan, Perempuan, Gender, BLK, & Analisis Harvard |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 02:19 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 02:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61073 |
Actions (login required)
View Item |