PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS AUQMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN SPATIAL REASONING SISWA KELAS V


Nofita Lestariningsih, 0103518099 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS AUQMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN SPATIAL REASONING SISWA KELAS V. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0103518099_NOFITA LESTARININGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dalam dunia Pendidikan. Untuk mencapai ketercapaian mata pelajaran siswa membutuhkan bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) adalah suatu terobosan dalam teknologi interaksi antara manusia dengan mesin, yang dapat menarik minat penggunanya diharapkan dapat meningkatkan hasil Spatial Reasoning siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis karakteristik media Augmented Reality materi bahan ajar matematika kelas V Sekolah Dasar, (2) Menganalisis kelayakan pengembangan bahan ajar matematika berbasis Auqmented Reality untuk meningkatkan Spatial Reasoning siswa kelas V Sekolah Dasar yang telah dikembangkan, (3) Menganalisis kepraktisan dalam penggunaan bahan ajar Augmented Reality untuk meningkatkan Spatial Reasoning siswa kelas V Sekolah Dasar, (4) Menganalisis keefektifan penggunaan bahan ajar matematika berbasis Auqmented Reality untuk meningkatkan Spatial Reasoning siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) Bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR) memiliki karakteristik sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran matematika, (2) Hasil kelayakan ahli bahan ajar mendapat persentase 94% masuk kategori sangat layak, sedangkan ahli materi juga mendapatkan 94% masuk kategori sangat layak, (3) Hasil kepraktisan bahan ajar mendapat respon dari siswa dengan nilai 98, pendidik 98 dan orang tua 97 dari hasil nilai kepraktisan bahan ajar Augmented Reality praktis digunakan (4) keefektifan nilai siswa dalam spational reasoning mendapatkan hasil ketuntasan klasikal sebesar 84%, dengan nilai N-Gain 64,40 yang bahan ajar Augmented Reality cukup efektif digunakan, maka dari itu ditarik kesimplan bahan bahan ajar berbasis Augmented Reality dapat meningkatkan spatial reasoning di kelas IV mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Auqmented Reality , Matematika, Spatial Reasoning
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:43
Last Modified: 11 Jan 2024 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61065

Actions (login required)

View Item View Item