MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN OTOT DAN FUNGSINYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII BERBASIS ANDROID (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara)


Saiful Abror, 5302415054 (2023) MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN OTOT DAN FUNGSINYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII BERBASIS ANDROID (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302415054_Saiful Abror.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran utama bagi siswa yang diberikan di Sekolah Menengah Pertama(1). Akan tetapi, metode pembelajaran yang kurang menarik minat belajar siswa adalah siswa hanya mendapatkan pembelajaran teori dan menyebabkan siswa mudah lupa dengan apa yang telah dipelajari(2). Maka perlu adanya inovasi media pembelajaran sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Aplikasi Pengenalan Otot dan Fungsinya ini diharapkan mampu dijadikan media belajar bagi siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Metode pengembangan yang digunakan adalah model waterfall untuk pembuatan dan pengembangan perangkat lunak. Aplikasi Pengenalan Otot ini dibangun menggunakan aplikasi Android Studio. Pengujian validitas dan kelayakan aplikasi oleh ahli media dan ahli materi. Pengujian kehandalan aplikasi menurut standar ISO 25010 dengan aspek functional suitability, compatibility testing dan usability. Implementasi sistem di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui kelayakan hasil implementasi aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa (1) Aplikasi media Pengenalan otot untuk siswa Sekolah Menengah Pertama menggunakan android telah berhasil dibuat menggunakan software Android Studio dengan model pengembangan Waterfall sesuai dengan kebutuhan pengguna. (2) Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan terdapat aspek- aspek pengujian, yaitu: fuctionality testing (uji black-box) dengan hasil 100%, compatibility testing (uji aplikasi ke beberapa OS Android yang berbeda) dengan hasil 100%, uji media dengan hasil 92.5% dan uji materi dengan hasil 97.5%, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Pengenalan otot menggunakan android terbukti sangat layak. Aplikasi ini masih mempunyai banyak kekurangan dari segi kelengkapan menu dan tampilan aplikasi, serta terbatasnya materi. Sehingga, diharapkan semoga penelitian selanjutnya dapat melakukan pengembangan untuk menutup kekurangan dan agar lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Media Pembelajaran, Pengenalan otot, Android
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:21
Last Modified: 10 Jan 2024 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61051

Actions (login required)

View Item View Item