Efektivitas Model Learning Cycle (LC) Berbantuan Media Chemo-edutainment (CET) terhadap hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Siswa SMA 5 Semarang


Catharina Y Anggraeni , 2009 (2009) Efektivitas Model Learning Cycle (LC) Berbantuan Media Chemo-edutainment (CET) terhadap hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Siswa SMA 5 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Model Learning Cycle (LC) Berbantuan Media Chemo-edutainment (CET) terhadap hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Siswa SMA 5 Semarang]
Preview
PDF (Efektivitas Model Learning Cycle (LC) Berbantuan Media Chemo-edutainment (CET) terhadap hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Siswa SMA 5 Semarang) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Anggraeni, Catharina Y. 2009. ”Efektivitas Model Learning Cycle (LC) Berbantuan Media Chemo-edutainment (CET) terhadap hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Siswa SMA 5 Semarang”. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Drs. Ersanghono Kusuma, M.S, II. Drs. Eko Budi Susatyo,M.Si Kata Kunci: Efektivitas, Model Learning Cycle (LC), Media Chemo-edutainment (CET) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung semakin cepat seiring dengan banyaknya inovasi pembelajaran baru yang bermunculan. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk menarik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia adalah Model Learning Cycle (LC) Berbantuan Media Chemo-edutainment (CET) yang dapat membangun minat dan keaktifan siswa sehingga membuat situasi belajar menjadi bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan model Learning Cycle (LC) berbantuan media Chemo-edutainment (CET) dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan model Learning Cycle (LC) berbantuan media CET lebih efektif daripada pendekatan konvensional (pembelajaran dengan model learning cycle) dalam pembelajaran kimia pokok bahasan kesetimbangan kimia siswa kelas XI semester I tahun ajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 5 Semarang yang berjumlah 320 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Dari delapan kelas yang ada, digunakan 2 kelas sebagai sampel yaitu XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada analisis tahap akhir terbagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pegujian efektivitas pembelajaran dan tahap pengujian terhadap hasil belajar. Pada uji efektifitas dilakukan uji estimasi dan uji proporsi baik kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen. Hasil uji rata-rata sebesar 71,98-78,22 pada kelompok eksperimen dan 67,67-72,76 pada kelompok kontrol. Sedangkan uji estimasi proporsi kelompok eksperimen sebesar 53.0%-82,0% dan 39,32%-71,79% pada kelompok kontrol. Dengan uji ketuntasan belajar didapatkan siswa tuntas belajar sebesar 85% pada kelompok eksperimen dan untuk kelompok kontrol sebesar 72%. Pengujian terhadap peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan menggunakan datagaint didapat thitung sebesar 12,56 dan ttabel sebesar 1,68 diketahui bahwa thitung > ttabel, maka hal ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar datagaint kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle berbantuan Media Chemo-edutaiment (CET) efektif dan terjadi peningkatan belajar. Saran yang dapat diberikan terkait penelitian ini adalah hasil penelitian dapat dijadikan pertimbangan dan informasi dalam memilih model pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Learning Cycle (LC), Media Chemo-edutainment (CET)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2011 00:29
Last Modified: 25 Oct 2011 00:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6105

Actions (login required)

View Item View Item