PENGARUH THERMAL SHOCK TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA DAPUR KOWI KOMPOSISI ABU SEKAM PADI, KAOLIN, DAN EVAPORATION BOATS


Yayang Bagus Saputra, 5201415061 (2023) PENGARUH THERMAL SHOCK TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA DAPUR KOWI KOMPOSISI ABU SEKAM PADI, KAOLIN, DAN EVAPORATION BOATS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5201415061_Yayang Bagus Saputra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Evaporation boats merupakan limbah yang mengandung Boron Nitride (BN) dan Titanium Diboride (TiB2). Limbah evaporation boats yang mempunyai karakteristik refractory tinggi belum ada pemanfaatan lebih lanjut sehingga perlu penelitian terhadap evaporation boats. Pengujian dilakukan dengan memberikan perlakuan temperatur thermal shock. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh thermal shock terhadap sifat fisis dan mekanis komposisi abu sekam padi, kaoln, dan evaporatin boats. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, yang menggunakan timbangan digital high precision dan microhardness tester M800. Material yang digunakan adalah variasi komposisi abu sekam padi, kaolin, evaporation boats dan dicampur 15% air dari massa keseluruhan serbuk bahan sebelum diceak dengan perbandingan komposisi 1 yaitu 60% evaporation boats, 20% kaolin, dan 20% abu sekampadi, komposisi 2 yaitu 70% evaporation boats, 15% kaolin, dan 15% abu sekam padi, komposisi 3 yaitu 80% evaporation boats, 10% kaolin, dan 10% abu sekam padi. Kemudian variasi temperature thermal shock: 400°C, 500°C, dan 600°C. Variable terikat yang digunakan berupa dnsitas,porositas dan kekerasan. Variable kontrolnya adalah proses pembuatan, penekanan, laju pemanasan, waktu tahan, proses pendinginan, dan dimensi spesimen. Analisis terhadap hasil yang disajikan dalam bentuk table dan grafik (membandingkan dengan penelitian terdahulu dan indeks nilai di pasaran). Hasil penelitian menunjukan nilai densitas, porositas, dan kekerasan dipengaruhi oleh temperatur thermal shock. Hasil nilai tertinggi uji densitas diperoleh pada komposisi 1 dengan perlakuan tanpa thermal shock sebesar 2,16 g/cm3 . sedangkan untuk uji porositas terendah pada komposisi 1 dengan perlakuan tanpa thermal shock yang menghasilkan nilai porositas sebesar 6,26%. Nilai kekerasan tertinggi juga diperoleh pada komposisi 1 dengan perlakuan tanpa thermal shock yang memiliki nilai HVN sebesar 0,067 gf/µm2 .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Densitas, Porositas, Kekerasan, Temperature Thermal Shock, Evaporation Boats
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:02
Last Modified: 10 Jan 2024 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61048

Actions (login required)

View Item View Item