ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SISTEM REGULASI KELAS XI DI KABUPATEN BANYUMAS


Ratri Rahmaningtyas, 4401415031 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SISTEM REGULASI KELAS XI DI KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401415031_RATRI RAHMANINGTYAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan. Proses belajar mengajar merupakan serangkaian proses perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah, guru dihadapkan dengan karakteristik siswa yang beraneka ragam. Keberagaman siswa dalam berbagai aspek dapat berpengaruh pada kemampuan belajar yang dimiliki siswa. Kenyataan yang terjadi di lapangan, proses belajar mengajar tidak luput dari adanya kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dihadapi siswa menunjukkan adanya hambatanhambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sistem regulasi kelas XI di Kabupaten Banyumas. Metode penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling terhadap siswa kelas XI SMA di Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan instrumen tes diagnostik, angket, dan wawancara. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui persentase kesulitan perindikator materi, dan persentase pencapaian faktor-fakor yang dapat memengaruhi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA di Kabupaten Banyumas mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi sistem regulasi. Dari hasil tes diagnostik diketahui bahwa nilai rata-rata tes diagnostik berada di bawah nilai KKM sekolah. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem regulasi. Kesulitan materi sistem regulasi tertinggi yaitu pada indikator menjelaskan fungsi dan mekanisme kerja sistem hormon pada tubuh. Faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sistem regulasi dari faktor internal adalah minat belajar dan kesehatan jasmani siswa, serta dari faktor eksternal adalah lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, sistem regulasi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:45
Last Modified: 10 Jan 2024 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61045

Actions (login required)

View Item View Item