PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP


Nurlinda Dian Saputri, 4101418012 (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101418012_Nurlinda Dian Saputri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika berbantuan flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP; (2) menguji kualitas pengembangan perangkat pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika berbantuan flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang ditinjau dari tingkat kevalidan, tingkat keterbacaan, tingkat keefektifan dan tingkat kepraktisan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D. Tahap penelitian ini meliputi define, design, dan develop. Tahap dissemination tidak dilaksanakan karena adanya keterbatasan waktu pelaksanaan penelitian sehingga uji coba hanya dilaksanakan di satu sekolah saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan meliputi tahap define yang menghasilkan masalah mendasar untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, tahap design menghasilkan draft 01 produk perangkat pembelajaran yang siap untuk dikonsultasikan ke dosen pembimbing, tahap develop menghasilkan draft 02 yang divalidasi oleh validator dan draft 03 yang telah direvisi berdasarkan komentar dari validator dan siap untuk diujicobakan; (2) kualitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan valid, terbaca, efektif dan praktis. Hasil rata-rata penilaian kevalidan oleh validator melalui lembar validasi diperoleh pengembangan perangkat pembelajaran sangat valid. Hasil rata-rata keterbacaan oleh siswa melalui angket respon siswa diperoleh pengembangan perangkat pembelajaran mudah dipahami dengan kriteria keterbacaan tinggi. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran melalui uji coba soal pretest-posttest diperoleh pengembangan perangkat pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan skor peningkatan N-gain sebesar 0,7 dengan kriteria sedang. Hasil rata-rata kepraktisan oleh guru melalui lembar pengamatan guru diperoleh pengembangan perangkat pembelajaran yang sangat praktis. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan bantuan flipbook maker sehingga perangkat pembelajaran yang digunakan dapat diakses secara online oleh siswa, tetapi jika siswa mempunyai aplikasi maka dapat diakses secara offline. Sehingga diupayakan siswa dapat menginstal aplikasi FLIPHTML5 terlebih dahulu agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, PBL, Etnomatematika, Flipbook Maker, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:34
Last Modified: 10 Jan 2024 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61043

Actions (login required)

View Item View Item