PEMANFAATAN PABRIK GULA CEPIRING SEBAGAI SUMBER BELAJAR METODE LAWATAN PEMBELAJARAN UNTUK MATERI SEJARAH TANAM PAKSA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022


Septi Yani, 3101418015 (2022) PEMANFAATAN PABRIK GULA CEPIRING SEBAGAI SUMBER BELAJAR METODE LAWATAN PEMBELAJARAN UNTUK MATERI SEJARAH TANAM PAKSA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 3101418015_Septi Yani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pabrik Gula Cepiring merupakan salah satu peninggalan sejarah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar sejarah karena mempunyai keterkaitan dengan materi, yang dalam penelitian ini adalah materi tanam paksa. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pemanfaatan Pabrik Gula Cepiring sebagai sumber belajar; (2) model dan metode pembelajaran sejarah di SMK N 1 Kendal; (3) pemanfaatan Pabrik Gula Cepiring sebagai metode lawatan pembelajaran untuk materi tanam paksa kelas X di SMK N 1 Kendal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif..Pengumpulan data dilakukan adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengelola Pabrik Gula Cepiring, guru sejarah dan siswa kelas X di SMK N 1 Kendal. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan di analisis dengan teknik analisis data kualitatif berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pabrik Gula Cepiring terlepas dari kelemahan dan kelebihan yang terdapat di Pabrik Gula Cepiring layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar sejarah. Pemanfaatan Pabrik Gula Cepiirng sebagai sumber belajar bagi siswa di SMK N1 Kendal sudah dilakukan oleh guru sejarah. Guru memanfaatkan Pabrik Gula Cepiring sebagai refensi dan contoh dalam pembelajaran sejarah khusus pada materi tanam paksa. Guru sejarah di SMK Negeri 1 Kenda juga mengajak siswa untukmelakukan kunjungan secara langsung ke Pabrik Gula Cepiring secara sendiri atau berkelompok dan memberikan tugas kepada siswa untuk mendeskripsikan tentang tanam paksa serta keterkaiatan antara tanam paksa dan Pabrik Gula Cepiring. Kemudian siswamembuat karya berupa makalah sebagai bahan penilai guru. Siswa juga sangat antusias dan tertarik ketika mereka diberikan tugas untuk berkunjung ke Pabrik Gula Cepiring. Karena siswa bisa sekalian refresing dan sekalian piknik sambil melihat dalamnya Pabrik Gula Cepiring serta memberikan hasil belajar yang lebih bagus pada siswa. Merujuk pada hasil penelitian maka dapat disumpulkan bahwa pemanfaatan Pabrik Gula Cepiring sebagai sumber belajar oleh guru sejarah di SMK N 1 Kendal adalah sebagai bahan pembelajaran siswa. Model dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah di SMK N 1 Kendal adalah model pembelajaran scientific learning dengan metode ceramah,tanya jawab dan diskusi. Metode pembelajaran lawatan ke Pabrik Gula Cepiring dilakukan oleh guru di SMK N 1 Kendal dikelas X pada semester dua setelah pembahasan materi tanam paksa diselesaikan

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sumber Belajar, Pabrik Gula Cepiring, Metode Lawatan Pembelajaran.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:20
Last Modified: 10 Jan 2024 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61039

Actions (login required)

View Item View Item