PENGELOLAAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING DI SKB REMBANG
Tita Dwi Nur Cahyati, 1201418019 (2023) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING DI SKB REMBANG. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kebijakan yang terjadi pada proses belajar mengajar telah mengalami perubahan dari pembelajaran daring ke perubahan pembelajaran hybrid, hal ini disebabkan adanya virus Covid-19 yang menghambat berbagai kegiatan aktivitas manusia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, usaha yang dilakukan adalah dengan pengelolaan pembelajaran hybrid learning. Hybrid learning juga merupakan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, serta berbagai media teknologi yang beragam. Bagaimana dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengelolaan pembelajaran hybrid learning (2) faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitiannya yaitu 3 peserta didik atau warga belajar, 2 pendidik atau tutor dan 1 pengelola program pendidik kesetaraan. Lokasi penelitian ini beralamat Jl. Slamet Riyadi Gang Merbabu, Sumberjo Kec. Rembang Kab. Rembang Prov. Jawa Tengah. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik yang dilakukan dengan cara membandingkan dan mengecek kembali melalui beberapa sumber data yang digunakan. Hasil dari data tersebut sebagai teknik analisis data yang dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan pembelajaran hybrid learning di SKB Rembang dimulai dari kegiatan Perencanaan pembelajaran yang baik dapat menentukan kualitas pembelajaran, kualitas pendidikan, serta kualitas sumber daya manusia (SDM). Pelaksanaan pembelajaran bentuk keberhasilan suatu program bergantung pada proses pelaksanaan. Penilaian pembelajaran rangkaian proses dilakukan pendidik guna mendapatkan data tentang proses belajar dan Pengawasan pembelajaran dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di lembaga sekolah (2) Faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaran di SKB Rembang diantaranya adalah faktor pendukung yaitu jaringan internet yang stabil. Sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu tidaak dapat berinteraksi secara langsung dan jaringan internet yang kurang stabil untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Simpulan dari penelitian ini pengelolaan pembelajaran hybrid learning telah dilaksanakan secara terstruktur dan sistematis sesuai dengan perencanaan program. Serta terdapat juga faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhinya. Sehingga peneliti memberikan saran yaitu, untuk meningkatkan interaksi antar pendidik dan peserta didik saat pembelajaran daring dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Pembelajaran, Hybrid Learning, Pendidikan Nonformal |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 06:51 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 06:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61031 |
Actions (login required)
View Item |