PENGARUHMEDIAINTERAKTIFDALAMPEMBELAJARAN FUN LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN di TK AR ROCHIM KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL


Aulia Maulida Kurnia Utomo, 1601418097 (2022) PENGARUHMEDIAINTERAKTIFDALAMPEMBELAJARAN FUN LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN di TK AR ROCHIM KECAMATAN KALIWUNGU SELATAN KABUPATEN KENDAL. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 1601418097_Aulia Maulida Kurnia Utomo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran fun learning di rasa penting untuk mendukung kegiatan belajar mengajar sehingga tercapainya tingkatan pencapaian perkembangan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan menggunakan media interaktif berupa slide Power Point yang digunakan untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aspek perkembangan dan salah satunya kemampuan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu berupa pemberian perlakuan atau treatment pada anak. Selain itu, jenis metode dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Faktor Tunggal Desain atau dapat disebut One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh anak di TK AR-ROCHIM berjumlah 52 anak dan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 30 anak dari kelompok usia 5-6 tahun dengan menggunakan teknik sampling purposive (metode sampling yaitu peneliti mempunyai kriteria tertentu dalam pemilihan sampel). Kemampuan kognitif yang dikembangkan dalam penelitian yaitu berfokus pada 3 pencapaian aspek kognitif yang telah tercantum dalam Permendikbud tahun 2014 Nomor 137 lampiran I tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yaitu belajar dan pemecahan masalah,berfikir logis, dan berfikir simbolik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa Paired Sample T-Test dan seluruh perhitungan menggunakan IMB SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh media interaktif dalam pembelajaran fun learning pada anak usia 5-6 tahun setelah diberikan perlakuan (treatment) yaitu dengan hasil nilai rata-rata (mean) data pretest dan posttest kemampuan kognitif yaitu 44.20 dan 59.37 maka hal tersebut terlihat bahwa adanya peningkatan skor rata-rata nilai yaitu 15,17. Berdasarkan pada hasil uji Paires Sampel T-Test menunjukan nilai t hitung > t tabel (33,705 > 2,042). Selain itu dapat terlihat dari nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.000, berarti (0.000 < 0.05). Berdasarkan hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media interaktif dalam pembelajaran fun learning terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK AR ROCIM Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Fun Learning, Media Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:48
Last Modified: 10 Jan 2024 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61030

Actions (login required)

View Item View Item