PENGARUH GAME KAHOOT! TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGENAL HEWAN DI KB TK NASIMA


Shasty Alfrida Lathifia, 1601418056 (2022) PENGARUH GAME KAHOOT! TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGENAL HEWAN DI KB TK NASIMA. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 1601418056_Shasty Alfrida Lathifia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan teknologi yang didominasi oleh Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional untuk menghubungkan dan mentransfer informasi ke seluruh penjuru dunia, membuat penguasaan Bahasa Inggris menjadi suatu kebutuhan yang penting bagi masyarakat milenial saat ini. Meskipun begitu masyarakat Indonesia masih menduduki peringkat 81 dari 111 negara yang tercatat pada EF EPI (Education First English Proficiency Index). Kriteria kemampuan Bahasa Inggris negara Indonesia terletak pada kategori rendah. Menurut Johan Wilhemsson selaku EF Adults Indonesia Country Manager penguasaan Bahasa Inggris yang baik akan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi terlebih pada negara-negara dengan bonus demografi seperti Indonesia. Maka pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia perlu ditingkatkan demi menghasilkan sumber daya manusia yang dapat memperbaiki kondisi ekonomi negara. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk memberikan stimulasi pembelajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini yaitu melalui Game Kahoot!. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen pre test dan post test. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihin subjek dilakukan sesuai dengan ciri-ciri atau karakteristik dari populasi dan tujuan penelitian. Subjek yang dibutuhkan yaitu anak usia 5-6 tahun sebanyak 30 anak. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini kuesioner yang digunakan memiliki nilai korelasi lebih dari 0,374 yang artinya kuesioner ini benar-benar valid, dan memiliki nilai reliabel 0,900 yang artinya tes yang dipakai peneliti reliabel untuk digunakan. Hasil skor pretest dan post test penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak yaitu 29,37 dan 53,80 yang berarti adanya peningkatan sebanyak 24,43 atau setara dengan 40,72%. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai Sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Game Kahoot! terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun dalam mengenal ragam hewan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini, Game Kahoot!
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:44
Last Modified: 10 Jan 2024 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61029

Actions (login required)

View Item View Item