PENGARUH CAPITAL INTESITY, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Lie Hayatul Ba’diyah, 7211418062 (2023) PENGARUH CAPITAL INTESITY, LIKUIDITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 7211418062_Lie Hayatul Ba'diyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kasus penghindaran pajak yang terjadi pada perusahaan LQ-45 yaitu PT Adaro Energy Tbk. yang menggunakan anak perusahaannya yaitu Coaltrade Services International yang berada di Singapura untuk memindahkan uang hampir senilai $14 juta per tahun. Sedangkan kasus lain terjadi pada PT Bank Central Asia (BCA) atas penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh Hadi Purnomo selaku Dirjen Pajak atas kredit macet PT BCA sebesar Rp. 5,7 triliun. Sehingga atas kejadian tersebut memberikan kerugian besar bagi negara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh capital intensity, likuiditas, dan profitabilitas terhadap penghindaran pajak dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah 45 perusahaan LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2017-2021. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan unit analisis sebanyak 136. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel moderasi dengan bantuan software Eviews versi 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capital intensity berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak, likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak, kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi pengaruh capital intensity terhadap penghindaran pajak, kepemilikan institusional mampu memoderasi dengan memperlemah pengaruh likuiditas terhadap penghindaran pajak, sedangkan kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap penghindaran pajak Simpulan penelitian ini adalah capital intensity berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak, likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak, kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi pengaruh capital intensity dan profitabilitas terhadap penghindaran pajak, sedangkan kepemilikan institusional mampu memperlemah pengaruh likuiditas terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Penghindaran Pajak, Capital Intensity, Likuiditas, Profitabilitas, Kepemilikan Institusional
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:59
Last Modified: 10 Jan 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61024

Actions (login required)

View Item View Item