Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan, Struktur Kepemilikan dan Profitabilitas Terhadap Environmental Disclosure Pada Perusahaan Sektor Energi di Indonesia, Malaysia, Dan Thailand Tahun 2019


Maya Syarifah Amalia, 7211418057 (2023) Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan, Struktur Kepemilikan dan Profitabilitas Terhadap Environmental Disclosure Pada Perusahaan Sektor Energi di Indonesia, Malaysia, Dan Thailand Tahun 2019. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 7211418057- Maya Syarifah Amalia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan energi mendapatkan sorotan dan perhatian yang lebih oleh masyarakat atau biasa disebut pesuahaan hihg profile karena kegiatan perusahaan yang memiliki potensi yang besar terhadap kerusahan lingkungan. Berkaitan dengan hal ini maka perlu diketahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perusahaan dalam environmental disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, ukuran dewan, struktur kepemilikan, dan profitabilitas terhadap environmental disclosure. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang data penelitian diambil dari laporan keuangan yang telah diaudit. Data yang diperoleh berasal dari website perusahaan dan situs situs lain yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi laporan keuangan pada perusahaan sektor energi yang terdatar di Bursa Efek Indonesia, Bursa Malaysia, dan Stock exchange thailand. Data pada penelitian ini diolah dengan Analisis Regresi Berganda menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan dengan Ukuran Perusahaan yang lebih besar, dewan perusahaan yang lebih banyak, tingkat kepemilikan asing yang lebih tinggi, tingkat kepemilikan manajerial redah dan profitabilitas yang lebih besar akan mengungkapkan lebih banyak environmental disclosure. Selain itu peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode scoring untuk mengukur tingkat environmental disclosure.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Environmental Disclosure, Sektor Energi, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan, Struktur Kepemilikan, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:56
Last Modified: 10 Jan 2024 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61023

Actions (login required)

View Item View Item