PENGARUH BEBAN KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK YAYASAN PGRI SE-KABUPATEN KUDUS


Fanny Septi Listia Amanda, 7101418279 (2022) PENGARUH BEBAN KERJA, STRES KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK YAYASAN PGRI SE-KABUPATEN KUDUS. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 7101418279- Fanny Septi Listia Amanda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja guru adalah penentu dari kualitas pendidikan dan juga kualitas belajar para peserta didiknya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu menurunnya kinerja guru di SMK Yayasan PGRI Se-Kabupaten Kudus. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek, salah satunya adalah meningkatnya intensitas kerja yang dialami para guru yang kemudian memberikan efek domino pada timbulnya stres kerja. Kondisi lingkungan kerja yang belum kondusif akibat peralihan masa pandemi ke masa kehidupan normal baru juga terindikasi mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMK Yayasan PGRI Se-Kabupaten Kudus, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Yayasan PGRI SeKabupaten Kudus yaitu sebanyak 74 guru. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 responden berdasarkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian yaitu Probability Sampling dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan angket (kuesioner). Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut Y = 51.245 + 0,422 X1 - 0, 822 X2 + 0,927 X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan antara variabel beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 66,4%. Variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap kinerja guru adalah variabel lingkungan kerja dengan pengaruh sebesar 41,99%, variabel beban kerja memberikan pengaruh sebesar 14,13%, serta variabel stres kerja memberikan pengaruh sebesar 3,96%. Simpulan dalam penelitian ini adalah kualitas kerja atau kinerja guru dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan produktivitas kerja melalui pemberian beban kerja, meminimalisir stres kerja para guru, serta meningkatkan lingkungan kerja. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Tugas yang dibebankan kepada guru sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan serta jenjang atau latar belakang pendidikannya. (2) Pihak sekolah dapat memberikan waktu istirahat yang cukup dan ruang kerja yang nyaman, sedangkan para guru dapat melakukan teknik relaksasi seusai bekerja. (3) Kepala sekolah dan para guru dapat meningkatkan hubungan baik dengan sesama rekan kerja dan membangun suasana kerja yang nyaman.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Beban Kerja, Stres Kerja, dan Lingkungan Kerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:53
Last Modified: 10 Jan 2024 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61022

Actions (login required)

View Item View Item