EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED-INQUIRY BERBASIS PRAKTIKUM MATERI BIOTEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA


Sovia Mega Lestari, 4401418041 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED-INQUIRY BERBASIS PRAKTIKUM MATERI BIOTEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 4401418041 Sovia Mega Lestari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran materi bioteknologi sebelumnya dilaksanakan tanpa proses menemukan konsep oleh siswa. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum melibatkan aktivitas siswa. Maka perlu adanya pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Secara teoritis model pembelajaran guided-inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep dan peran aktif siswa. Tujuan penelitian ini menganalisis keefektifan model pembelajaran guided-inquiry berbasis praktikum materi bioteknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Desain penelitian ini quasi-experimental dengan jenis the nonequivalent control group design. Hasil belajar aspek kognitif diukur dengan instrumen lembar soal (multiple choice), dianalisis menggunakan uji N-gain, uji Wilcoxon, dan uji MannWhitney. Hasil belajar aspek psikomotorik diukur dengan instrumen lembar soal (multiple choice), dianalisis menggunakan uji t; dan lembar observasi dianalisis deskriptif persentatif. Tanggapan guru diukur dengan instrumen lembar angket dianalisis deskriptif kualitatif. Tanggapan siswa dan keterlaksanaan pembelajaran diukur dengan instrumen lembar angket dianalisis deskriptif persentatif. Rata-rata N-gain aspek kognitif kelas eksperimen pada kategori sedang dan kelas kontrol kategori rendah. Hasil belajar aspek kognitif dan keterampilan berdasarkan tes siswa kelas eksperimen > kelas kontrol secara signifikan. Enam puluh sembilan persen siswa sangat terampil dan dua puluh delapan persen terampil. Tanggapan guru, model pembelajaran guided-inquiry ini mempermudah penekanan konsep tetapi perlu adanya pengelolaan kelas dan waktu yang lebih baik. Tanggapan mayoritas siswa baik. Semua langkah pembelajaran kelas eksperimen terlaksana, sedangkan pada kelas kontrol instruksi mencatat poin penting tidak tersampaikan. Simpulan, model pembelajaran guided-inquiry berbasis praktikum materi bioteknologi efektif meningkatkan hasil belajar siswa SMA.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Guided-Inquiry, Praktikum, Bioteknologi, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:33
Last Modified: 10 Jan 2024 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61017

Actions (login required)

View Item View Item