PENGEMBANGAN SUPLEMENBAHAN AJAR SISTEM RESPIRASI BERBASIS RISET PAPARAN ROKOK ELEKTRIK


Pramesti Utami, 4401415058 (2023) PENGEMBANGAN SUPLEMENBAHAN AJAR SISTEM RESPIRASI BERBASIS RISET PAPARAN ROKOK ELEKTRIK. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 4401415058_PRAMESTI UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran di kelas karena menjadi salah satu faktor penting tercapainya kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran. Selain bahan ajar utama, perlu adanya bahan ajar penunjang atau suplementer. Suplemen harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik, tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga lingkungan bermainnya. Kebiasaan merokok berkaitan dengan materi sistem respirasi di sekolah. Suplemen berbasis riset paparan rokok elektrik berisi hasil penelitian yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang bahaya penggunaan rokok elektrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berdasarkan hasil riset paparan rokok elektrik dan menganalisis validitas serta kelayakannya. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi dengan langkah-langkah (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba skala kecil; (7) revisi produk; (8) produk akhir. Pengambilan data dilakukan di SMA Negeri 12 Semarang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling dengan jumlah keseluruhan sampel 12 peserta didik. Data yang dikumpulkan berupa (1) kelayakan suplemen bahan ajar yang diukur oleh ahli media dan mater menggunakan angket sesuai dengan BSNP dan dianalisis secara deskriptif presentase; (2) tanggapan guru dan peserta didik yang diukur menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa suplemen bahan ajar berbasis riset layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik SMA. Hasil validitas materi dan media berada dalam kriteria sangat valid dengan skor masing-masing sebesar 85% dan 92.50%. Tanggapan guru dan peserta didik berada dalam kriteria tingkat keterbacaan yang baik. Skor rerata keterbacaan guru 95.45% dan rerata peserta didik 92.50%. Simpulan dalam penelitian ini yaitu suplemen bahan ajar berbasis riset yang dikembangkan sangat valid berdasarkan validasi ahli dan sangat baik berdasarkan tanggapan guru dan peserta didik.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Sistem Respirasi, Rokok Elektrik
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:30
Last Modified: 10 Jan 2024 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61016

Actions (login required)

View Item View Item