PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, EFIKASI DIRI, KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN PATI


Septyana Candra Puspita, 1401418381 (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, EFIKASI DIRI, KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KABUPATEN PATI. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 1401418381_Septyana Candra Puspita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar, efikasi diri, dan kecemasan matematis merupakan faktor yang mempengaruhi kemempuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil wawancara, siswa memiliki kemandirian yang rendah, kurangnya efikasi diri, dan kecemasan terhadap muatan pelajaran matematika.Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika di SDN Gugus Ki Hajar Dewanatara Kabupaten Pati; (2) menguji pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika di SDN Gugus Ki Hajar Dewanatara Kabupaten Pati; (3) menguji pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika di SDN Gugus Ki Hajar Dewanatara Kabupaten Pati; (4) menguji pengaruh kemandirian belajar, efikasi diri, dan kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika di SDN Gugus Ki Hajar Dewanatara Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan Teknik Proportionate Stratified Random Sampling, dengan populasi 118 siswa didapatkan sampel 106 siswa di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis hipotesis dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskesdatisitas, dan autokorelasi. Setelah data memenuhi uji prasyarat selanjutnya data dianalisis dengan statistic deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menemukan: (1) terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika dengan rhitung= 0,679 (kategori kuat ) dan berkontribusi sebesar 46,1 %; (2) terdapat pengaruh antara efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika dengan rhitung= 0,696 (kategori kuat ) dan berkontribusi sebesar 48,41 % (3) terdapat pengaruh antara kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika dengan rhitung= 0,422 (kategori sedang ) dan berkontribusi sebesar 17,8 %; (4) terdapat pengaruh antara kemandirian belajar, efikasi diri, dan kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika dengan rhitung= 0,802 (kategori kuat ) dan berkontribusi sebesar 64,4 %. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kemandirian belajar, efikasi diri, dan kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika di SDN Gugus Ki Hajar Dewanatara Kabupaten Pati. Saran bagi guru agar meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika; Kemandirian Belajar; Efikasi Diri; Kecemasan matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:01
Last Modified: 10 Jan 2024 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item