ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS III SD NEGERI 2 SOBOREJO KABUPATEN TEMANGGUNG


Erna Rokhimiya Putri, 1401418086 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS III SD NEGERI 2 SOBOREJO KABUPATEN TEMANGGUNG. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. (Submitted)

[thumbnail of 1401418086 - Erna Rokhimiya Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam panduan implementasi Kurikulum 2013, pengelolaan pembelajaran di Sekolah Dasar dilakukan dengan menggunakan pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik terpadu kelas III SD Negeri 2 Soborejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa-siswi kelas III SD Negeri 2 Soborejo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terstruktur dengan menyusun instrument wawancara terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara. Observasi dilakukan saat kegiatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk pemeriksaan kebsahan data dilakukan menggunakan peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan dalam kegiatan pembelajaran tematik terpadu guru melaksanakan kegaiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik terpadu yaitu berpusat pada siswa, memberikan pengalaman langsung pada anak, pemisahan muatan mata pelajaran tidak begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai muatan pelajaran, bersifat luwes/fleksibel, hasil pembelajaran berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, dan menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan. Dalam pelaksanaanya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik terpadu masih rendah sehingga pembelajaran berpusat pada siswa masih belum terlaksana dengan baik. Selain itu guru mengalami kesulitan dalam memadukan muatan pelajaran Matematika, terutama saat menghubungkan materi Matematika dengan muatan pelajaran yang lainnya. Dalam kegiatan pembelajaran tematik terpadu kegiatan belajar sambil bermain dan menyenangkan belum terlaksana dengan baik, hanya sesekali guru mengajak siswa untuk bernyanyi agar kegiatan belajar tidak membosankan. Pada kegiatan pembelajaran tematik terpadu guru menggunakan model pembelajaran terpadu jaring laba-laba (webbed) dan model terpadu (integrated). Dalam menggunakan model webbed guru menggunakan tema yang kemudian di kembangkan menjadi sub tema sesuai yang ada pada buku panduan. Dalam menggunakan model integrated guru memadukan konsep antar mata pelajaran. Dalam satu kegiatan pembelajaran terdapat beberapa mata pelajaran yang disajikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti memberikan saran bagi guru untuk mengupayakan cara yang dapat membuat semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru juga dapat meningkatkan kemampuanya dalam memadukan antar materi pelajaran, sahingga pembelajaran tematik terpadu dapat terlakasana dengan baik.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran terpadu, pembelajaran tematik terpadu, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:56
Last Modified: 10 Jan 2024 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61010

Actions (login required)

View Item View Item