PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDEMONSTRASIKAN KETRAMPILAN TATA RIAS FANTASI DI PRODI PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


LYZA ANGGRAINI PUTRI, 0501518004 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDEMONSTRASIKAN KETRAMPILAN TATA RIAS FANTASI DI PRODI PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0501518004_LYZA ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran audio visual bagi peningkatan kemampuan mendemonstrasikan ketrampilan tata rias fantasi, (2) menganalisis kelayakan media audio visual mata kuliah tata rias fantasi, (3) menganalisis kepraktisan media audio visual mata kuliah tata rias fantasi dan (4) menganalisis efektivitas media audio visual mata kuliah tata rias fantasi Program Studi Pendidikan Tata Kecantikan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menerapkan metode R&D (Penelitian dan pengembangan). Desain penelitian yang dipilih adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa semester 5 program studi pendidikan tata kecantikan yang berjumlah 30 mahasiswa. Analisis penelitian ini adalah media audio visual makeup karakter luka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) pedoman wawancara (2) angket kepraktisan media dan (3) angket untuk mengukur tingkat kelayakan media. metode uji validitas yang digunakan adalah uji validitas isi (content validity) melalui pendapat pakar/ahli (expert judgment) dan reliabilitas angket menggunakan rumus KR20. Analisa data keefektifan media pembelajaran difungsikan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran audio visual rias fantasi di Universitas Negeri Semarang. Pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakan one group pretest posttest design, Teknik Analisa data sebagai berikut (1) Uji Normalitas data digunakan untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak. (2)Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah kelompok berasal dari populasi yang homogen atau tidak , dengan membandingkan kedua variansinya. Uji homogenitas pada penelitian menggunakan uji Fisher Berdasarkan uji kelayakan, uji kepraktisan, dan uji efektivitas media audio visual untuk meningkatkan kemampuan mendemonstrasikan ketrampilan tata rias fantasi yang dikembangkan, menurut tanggapan ahli media dan ahli materi media audio visual tat rias fantasi sangat layak, tanggapan dosen dan mahasiswa sebagai tanggapan pengguna, kepraktisan media memperoleh kriteria penilaian sangat praktis, dari uji efektifitas pada kelas experimen, media memperoleh kriteria cukup efektif dan signifikan untuk meningkatkan kemampuan mendemontrasikan Ketrampilan tata rias fantasi Program Studi Pendidikan Kecantikan Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Audio Visual, Tata Rias Fantasi, Peningkatan Ketrampilan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:36
Last Modified: 10 Jan 2024 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61006

Actions (login required)

View Item View Item