PENGARUH FUTURE TIME PERSPECTIVE TERHADAP REGULASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MINDFULNESS SEBAGAI MEDIATOR (IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING)


Miftahu Fajar Khoiri, 0106518040 (2023) PENGARUH FUTURE TIME PERSPECTIVE TERHADAP REGULASI DIRI DALAM PEMBELAJARAN MELALUI MINDFULNESS SEBAGAI MEDIATOR (IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0106518040-MIFTAHU FAJAR KHOIRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Regulasi diri dalam pembelajaran yang rendah berdampak siswa tidak dapat mengatur waktu belajarnya, bersikap tidak aktif dalam pelajaran, dan bermalasmasalan dalam proses belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini 1) menganalisis pengaruh antara future time perspective terhadap mindfulness, 2) menganalisis pengaruh antara future time perspective terhadap regulasi diri dalam pembelajaran, 3) menganalisis pengaruh antara mindfulness terhadap regulasi diri dalam pembelajaran, 4) menganalisis pengaruh antara future time perspective terhadap regulasi diri dalam pembelajaran melalui mindfulness. Sampel penelitian ini berjumlah 347 siswa yang diambil menggunakn teknik Simple random sampling. Rancangan penelitian korelasional eksplanatori, Teknik pengumpulan data validitas menggunakan product moment preason dan reliabilitas menggunakan koefisien α (Cronbach α). Teknik analisis data menggunakan analisis mediasi yang dikembangkan oleh Andrew F. Hayes dengan teknik bias corrected botstraping. Penelitian dilakukan dengan cara mendistribusikan instrument penelitian melalui google form kepada sampel. Hasil penelitian menunjukan: 1) Future time perspective secara langsung memiliki pengaruh terhadap mindfulness, 2) Future time perspective secara langsung berpengaruh terhadap regulasi diri dalam pembelajaran, 3) Mindfulness secara langsung berpengaruh terhadap regulasi diri dalam pembelajaran, 4) Mindfulness memediasi secara positif pengarih future time perspective terhadap regulasi diri dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: future time perspective, regulasi diri dalam pembelajaran, mindfulness
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:18
Last Modified: 10 Jan 2024 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61001

Actions (login required)

View Item View Item