PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN ONLINE PRESENSI OTOMATIS BERBASIS IMPE (INTERACTION, MATERIAL, PROJECT, EVALUATION) DI ERA MERDEKA BELAJAR


Khairul Arifin, 0104518014 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN ONLINE PRESENSI OTOMATIS BERBASIS IMPE (INTERACTION, MATERIAL, PROJECT, EVALUATION) DI ERA MERDEKA BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0104518014-Khairul Arifin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada era merdeka belajar semua guru dituntut untuk terus berinovasi dalam pengembangan diri. Pelatihan online bisa menjadi solusi bagus karena bisa memangkas jarak, waktu dan biaya jika dibandingkan dengan pelatihan offline. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis proses pelaksanaan pelatihan online saat ini. 2) mengembangkan model pelatihan online presensi otomatis berbasis IMPE di Era Merdeka Belajar. 3) menguji validitas model pelatihan online presensi otomatis berbasis IMPE di Era Merdeka Belajar. 4) menguji efektivitas model pelatihan online presensi otomatis berbasis IMPE di Era Merdeka Belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Sumber data pada penelitian ini meliputi diri saya sendiri, hasil validasi ahli dari 3 dosen Unnes, instruktur pelatihan online, peserta pelatihan online dan penyelenggara pelatihan online. Subjek penelitian meliputi peserta pelatihan online dan penyelenggara pelatihan online. Peserta pelatihan mayoritas adalah guru. Instrumen penelitian berupa kuisioner, angket dan wawancara. Regresi digunakan sebagai metode analisis. Uji validitas menggunakan pearson correlation dengan mencari korelasi antara jawaban peserta pelatihan online presensi otomatis. Didapatkan data 43 peserta yang mengisi, semuanya valid dengan hasil sig. (I-tailed) < 0,05. Dilanjutkan dengan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dari 43 item yang telah diuji, didapatkan hasil uji sebesar 0,930. Hasil ini lebih besar dari R Table 43 sebesar 0,248. Jadi, alpha 0,930 > R Tabel 0,248 = reliable (dapat dipercaya). Uji efektivitas menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test karena data tidak berdistribusi normal. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada Wilcoxon Signed Rank Test, Asymp. Sig didapatkan angka 0,021 yang berarti < 0,05. Maka hasil post test > pre test. Dapat dikatakan bahwa model IMPE terbukti efektif dalam peningkatan kompetensi peserta pelatihan online presensi otomatis. Temuan ini merekomendasikan model pelatihan online presensi otomatis berbasis IMPE dapat meningkatkan kompetensi guru dalam otomatisasi administrasi kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Online, Presensi Otomatis, Administrasi Kelas, Model IMPE, Merdeka Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:10
Last Modified: 10 Jan 2024 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61000

Actions (login required)

View Item View Item