STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) KELAS IX DI SMP NEGERI 3 UNGARAN


Adhitya Darmantho, 2501418165 (2022) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) KELAS IX DI SMP NEGERI 3 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Negeri 3 Ungaran antara penggunaan model pembelajaran tatap muka dan model pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengambil nilai dari penilaian tengan semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dan 2022/2023 pada mata pelajaran seni budaya (seni musik) serta teknik wawancara. Perbedaan yang signifikan ditunjukan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas IX dengan menggunakan model pembelajaran tatap muka adalah 84,57 dan nilai rata-rata pembelajaran jarak jauh adalah 74,75. Hambatan pada pembelajaran jarak jauh seperti jaringan internet yang kurang memadai, kesulitan untuk fokus, dan kurangnya melakukan kontrol terhadap siswa menjadi faktor utama pada perbedaan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Tatap Muka, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:46
Last Modified: 09 Jan 2024 08:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60998

Actions (login required)

View Item View Item