KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN GELAS KACA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP N 2 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI


Bayu Arian Triwardana, 2501418005 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN GELAS KACA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP N 2 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

SMP N 2 Wonosegoro memiliki keunikan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran seni musik, dimana guru seni musik pada sekolah tersebut memanfaatkan gelas kaca sebagai media pembelajaran. Tentu saja penggunaan media pembelajaran tersebut menarik rasa ketertarikan siswa dalam proses belajar seni musik. Pemanfaatan media ini merupakan salah satu bentuk invoasi dan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, agar mudah dipahami dan membuat suasana kelas menjadi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran seni musik di SMP N 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali; (2) kreativitas guru dalam pemanfaatan gelas kaca sebagai media pembelajaran seni musik di SMP N 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dimana peneliti melakukan penelitian berdasarkan dengan fenomena atau peristiwa yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data yang kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari pelaksanaan penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Perencanan pembelajaran, yakni guru telah menyiapkan materi yang akan diberikan kepada peserta didik sesuai dengan RPP yang telah disiapkan sebelumnya; 2) Hasil kreativitas pada pembelajaran seni musik SMP N 2 Wonosegoro yakni dengan memanfaatkan gelas kaca, dimana gelas kaca tersebut dijadikan sebagai alat musik melodis yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa, sehingga harapannya siswa mampu memahami materi dengan lebih baik dan maksimal, dan 3) Proses belajar siswa, proses pembelajaran seni musik di SMP N 2 Wonosegoro menggunakan 4 metode pembelajaran yakni metode ceramah, metode demonstrasi, metoode tanya jawab dan metode resitasi (pemberian tugas). Kreativitas guru dalam pembelajaran seni musik yakni dengan menggunakan gelas kaca sebagai alat musik melodis yang mudah untuk dipahami dan dimainkan oleh setiap peserta didik, dalam kreativitas guru di SMP N 2 Wonosegoro meliputi Person (Pribadi), Press (Dorongan), Process (Proses) dan Product (Produk). Saran ditujukan kepada SMP N 2 Wonosegoro untuk lebih memfasilitasi dengan memperbanyak gelas kaca agar siswa dapat bermain secara bersama/kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gelas Kaca, Kreativitas, Media Pembelajaran
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:22
Last Modified: 09 Jan 2024 08:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60995

Actions (login required)

View Item View Item