KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLA DI KURSUS MUSIK SHINNING STAR SCHOOL TEGAL


Lutfiani Maulina, 2501418002 (2022) KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLA DI KURSUS MUSIK SHINNING STAR SCHOOL TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

“Shinning Star School” merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang kursus musik yang didirikan pada tahun 2011. Terdapat pilihan kursus musik diantaranya vokal, piano, keyboard, gitar, drum dan biola dengan beberapa pengajar yang sudah terlatih dan berkompeten dalam bidang musik. Pengajar di kelas biola memiliki cara tersendiri dalam mengajar khususnya bagi siswa tingkat menengah (intermediate stage) dan siswa tingkat lanjut (advanced stage). Pengajar tidak hanya fokus pada materi ajar dari buku latihan etude atau lagu-lagu Suzuki Violin School, melainkan mencari beberapa referensi lagu lain seperti lagu genre pop luar negeri untuk dibuat aransemen sebagai materi tambahan dalam pembelajaran biola. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kreativitas yang dilakukan guru dalam mengajar biola dan bagaimana proses pembelajaran biola di Kursus Musik Shinning Star School Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas yang dilakukan guru dalam mengajar biola serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran biola di Kursus Musik Shinning Star School Tegal. Manfaat penelitian ini terbagi menjadi 2 yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat teoritis adalah untuk menambah wawasan tentang kreativitas yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran biola dan dapat memberikan informasi tentang kreativitas guru dalam proses pembelajaran biola. Sementara manfaat praktis adalah untuk dapat dimanfaatkan oleh guru biola sebagai media untuk mengajar biola dan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran praktek biola. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di Kursus Musik Shinning Star School Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kreativitas yang dilakukan guru dalam mengajar biola yaitu memilih beberapa lagu genre pop, membuat aransemen serta menulis ulang hasil aransemen lagu genre pop pada tulisan berbentuk notasi balok. Proses pembelajaran biola dilakukan dengan metode Suzuki Violin School lalu dilanjutkan dengan memainkan lagu genre pop luar negeri yang sudah diaransemen serta ditulis oleh guru. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran biola di Kursus Musik Shinning Star School Tegal, pengajar mampu mencari beberapa referensi lagu-lagu genre pop luar negeri dan mengaransemen lagu tersebut kemudian menuliskannya dengan memasukkan unsur-unsur teknik gesekan, dinamika, serta tempo yang berbeda di setiap lagu. Kemampuan membaca notasi serta keterampilan bermain biola siswa akan berkembang luas karena pengajar mampu menerapkan pembelajaran kreatif, yaitu membuat aransemen lagu genre pop luar negeri sebagai materi tambahan dalam pembelajaran biola

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru, Pembelajaran biola, Shinning Star School.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:17
Last Modified: 09 Jan 2024 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60993

Actions (login required)

View Item View Item