KUALITAS HASIL BORDIR KOMPUTER PADA BUSANA READY TO WEAR KARYA SISWA PELATIHAN KEJURUAN FASHION TECHNOLOGY DI BBPVP SEMARANG


Wiwit Dayati, 5403421090 (2023) KUALITAS HASIL BORDIR KOMPUTER PADA BUSANA READY TO WEAR KARYA SISWA PELATIHAN KEJURUAN FASHION TECHNOLOGY DI BBPVP SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

BBPVP Semarang merupakan salah satu pusat pelatihan kerja dibawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan RI. Salah satu kejuruannya Fashion Technology. Pelaksanaan pelatihan dilengkapi dengan fasilitas mesin bordir komputer, akan tetapi siswa yang mengaplikasikan hiasan dengan mesin bordir komputer tersebut belum seluruhnya memenuhi standar yang sesuai dengan SKKNI sektor bordir yang digunakan di BBPVP Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana kualitas hasil bordir komputer pada busana Ready to Wear karya siswa pelatihan fashion technology di BBPVP Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis data statistik deskriptif presentase. Variabel penelitian ini variabel tunggal yaitu kualitas hasil bordir komputer pada busana Ready to Wear karya siswa pelatihan. Menggunakan teknik mengumpulkan data observasi. Hasil penelitian ini dengan 8 indikator penelitian antara lain; indikator desain motif, pemilihan teknik bordir, penempatan motif, kerapatan setikan, susunan benang, arah loncatan benang, pemilihan kombinasi warna dan hasil bordir. Diperoleh hasil kategori baik sekali, indikator arah loncatan benang dengan persentase 12,50%. Kategori baik, indikator desain motif, pemilihan teknik bordir, kerapatan setikan, susunan benang, pemilihan kombinasi warna dan hasil bordir dengan persentase 75,00%. Kategori cukup, indikator penempatan motif dengan persentase 12,50%. Sampel penelitian sebanyak 16 orang siswa pelatihan. Penilaian terhadap kualitas hasil bordir komputer pada busana Ready to Wear karya siswa pelatihan kejuruan fashion technology di BBPVP Semarang dilakukan oleh 20 panelis ahli yang merupakan instruktur fashion technology di BBPVP Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Bordir Komputer, Ready to Wear, Pelatihan BBPVP Semarang.
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:00
Last Modified: 09 Jan 2024 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60989

Actions (login required)

View Item View Item