PROSEDUR PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ONLINE DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMP N 1 SEMARANG)


Afra Kamala Putra Harjanto, 2501417139 (2022) PROSEDUR PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ONLINE DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMP N 1 SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 mengharuskan dunia pendidikan beradaptasi secara cepat. Demi memutus rantai persebaran virus pemerintah mengeluarkan kebijakan Belajar dan Bekerja dari rumah. Hal ini menjadikan tantangan baru, tidak hanya untuk pendidik namun juga peserta didik. Adaptasi ini tidak hanya seputar perangkat yang dimiliki, stabilnya sinyal di lingkungan rumah, ataupun kuota internet. Namun demikian juga kesiapan pendidik dalam menyusun bahan pembelajaran, hingga aplikasi pendukung untuk memudahkan pendidik dan peserta didik terhubung saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan melihat peran aplikasi online sebagai alat bantu pembelajaran jarak jauh, selanjutnya dalam penelitian ini di harapkan mampu mengidentifikasi kendala pembelajaran jarak jauh di bidang seni musik pada masa pandemi. Penelitian ini digunakan untuk menggambarkan pengalaman guru seni musik yang terlibat dalam penggunaan media berbasis online dalam pembelajaran seni musik di masa pandemi. Pada penelitian ini peneliti memilih siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Semarang. Yang berfokus pada efektifitas pembelajaran teori dan praktek musik secara daring yang menggunakna media online. Penelitian ini ditulis dengan metode kualitatif fenomena. Penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran jarak jauh jangan terbantu dengan aplikasi online. Selanjutnya, penelitian ini menemukan beberapa kendala dalam pembelajaran dan memberikan masukan untuk pihak sekolah dan penelitian selanjutnya. Hasil penelitian menyimpulkan pentingnya peran sekolah dalam mendukung ketersediaan sarana prasarana saat kegiatan pembelajaran online selain kemampuan siswa dan keaktifan pendidik. Peneliti memberi saran sebagai berikut: Serta saran 1) bagi siswa: anak-anak diharapkan lebih terlibat dalam proses pembelajaran daring untuk menerapkan hal-hal baik yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari, yang harus didukung oleh orang tua yang menemani mereka di rumah atau memberikan suasana belajar yang sesuai. 2) bagi sekolah harus lebih mendukung dan terus mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran online untuk membangun aktivitas dan kemampuan belajar siswa agar tetap mengikuti perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Media Sosial, Pendidikan, COVID-19
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:00
Last Modified: 09 Jan 2024 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60988

Actions (login required)

View Item View Item