METODE PEMBELAJARAN PIANO CLASSIC PADA GRADE 11 DI YAMAHA MUSIC STANDWOODS SEMARANG


Cristian Adiwinata, 2501416121 (2022) METODE PEMBELAJARAN PIANO CLASSIC PADA GRADE 11 DI YAMAHA MUSIC STANDWOODS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Yamaha Music Standwoods Semarang didirikan sejak akhir bulan November tahun 2007. Garnd Lanchingnya baru diadakan pada akhir bulan Februari 2008. Merintis jumlah siswa dari 0 di tahun 2008, Yamaha Music Standwoods Semarang sukses berkembang dengan 500 siswa pada 2020 sebelum pandemi berlangsung dan kurang lebih 300 siswa di 2020 sesudah pandemi sampai sekarang. Yamaha Music Stanwoods berhasil membawa salah satu siswanya untuk mengikuti Yamaha Piano Competition di Tahun 2016 dan menjadi juara 2. Data inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti metode apakah yang diterapkan dalam pembelajaran piano classic di Yamaha Music Stanwoods Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan teknik pengumpulan data melalui wawancara bersama beberapa narasumber yang ada, kemudian observasi ke Yamaha Music Stanwoods secara langsung dan studi dokumen yang dihasilkan melalui data-data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Metode Pembelajaran Piano Classic Pada Grade 11 Di Yamaha Music Standwoods Semarang dapat disimpulkan bahwa pembelajaran piano klasik di Yamaha Music Standwoods Semarang terkhusus untuk anak usia 7-12 tahun secara garis besar memiliki kesamaan dengan pembelajaran pada umumnya, yaitu meliputi pembelajaran di awal, inti dan penutup. Pada tiap bagian pembelajaran instruktur memiliki metode dan metode yang berbeda untuk digunakan dalam pembelajarannya. Metode dan metode yang paling sering digunakan adalah menyanyikan partitur lagu yang akan dimainkan (solfegio) dengan tujuan agar lagu tersebut lebih familiar di telinga anak-anak dan akan mempermudah mereka untuk memainkannya. Untuk melatih kepekaan anak-anak pada tempo dan dinamika, instruktur akan memberikan contoh permainan dari partitur lagu tersebut (demonstrasi) lalu mereka diminta untuk mendengarkan dan menirukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, piano klasik.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:45
Last Modified: 09 Jan 2024 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60986

Actions (login required)

View Item View Item