PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CBL-STEM TERINTEGRASI VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF


Raivo, 4101419006 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CBL-STEM TERINTEGRASI VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] HTML (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (61MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu kemampuan yang diperlukan di abad ke-21. Kemampuan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 3 Kota Semarang masih rendah. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Semarang adalah 49,93 dari skor maksimal 100. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar berbasis CBL-STEM terintegrasi video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kota Semarang sebagai sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E SMP Negeri 3 Kota Semarang sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kelayakan bahan ajar SPLDV berbasis CBL-STEM terintegrasi video pembelajaran adalah 93,30% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata persentase skor keterbacaan bahan ajar SPLDV berbasis CBL-STEM terintegrasi video pembelajaran adalah 97,25% dengan kriteria mudah dipahami. Bahan ajar SPLDV berbasis CBL-STEM terintegrasi video pembelajaran efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa karena telah memenuhi kelima hipotesis penelitian. Rata-rata persentase skor respon siswa terhadap bahan ajar SPLDV berbasis CBL-STEM terintegrasi video pembelajaran yaitu 95,5% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan, mudah dipahami, efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan mendapatkan respon yang sangat baik. Saran yang diajukan adalah diperlukan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan bahan ajar dengan CBL-STEM dengan skala lebih besar, materi lainnya dan kemampuan matematis lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pengembangan Bahan Ajar, STEM, Video Pembelajaran.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:35
Last Modified: 09 Jan 2024 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60983

Actions (login required)

View Item View Item