PERSEPSI PEDAGANG KAKI LIMA TERHADAP PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENANGANAN COVID-19 DI KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP


Angela Nadiantika, 3312415004 (2023) PERSEPSI PEDAGANG KAKI LIMA TERHADAP PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENANGANAN COVID-19 DI KECAMATAN ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Corona Virus Deases 2019 (COVID-19) sangat mengancam kesehatan manusia. Tidak hanya kesehatan namun bidang perekonomian juga terganggu. Oleh karena itu berbagai kebijakan diberlakukan sebagai solusi keterpurukan perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan PKL selama pandemi sebelum PSBB dan PPKM di Kabupaten Cilacap. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan PKL selama pandemi setelah pemberlakuan PSBB dan PPKM di Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa PPKM memiliki pengaruh terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Dampak pemberlakuan PPKM terhadap pendapatan Pedagang Kaki Lima yaitu menyebabkan PKL dapat berjualan dengan adanya beberapa kelonggaran seperti waktu beroperasional dan dapat bertatap muka dengan pembeli menggunakan protocol kesehatan yang ditetapkan. Sehingga adanya PPKM dapat meningkatkan kembali secara perlahan perekonomian PKL di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap sangat puas dengan kebijakan yang diberlakukan karena dapat menghidupkan kembali perekonomian PKL yang sempat mengalami penurunan pada masa pandemic COVID-19. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat dilakukan yaitu perlunya pengkajian dampak COVID-19 pada bidang lainnya dan pengambilan sampel dari beberapa pasar induk Kecamatan Adipala di Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, PSBB, PPKM, Cilacap
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:24
Last Modified: 09 Jan 2024 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60981

Actions (login required)

View Item View Item