EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM STORY UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH CHUJI HANYU TINGLI XIA PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNNES ANGKATAN 2021


Abdur Rozak, 2404418031 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM STORY UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH CHUJI HANYU TINGLI XIA PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNNES ANGKATAN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Chuji Hanyu Tingli Hanyu Tingli Xia meruapakan mata kuliah wajib di program studi pendidikan Bahasa Mandarin Unnes, aspek yang paling diasah pada ketermpilan ini adalah kemampuan mendengarkan Dalam hal ini perlunya guru membuat suasana kelas yang menyenangkan dan menggunakan media yang menarik dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mendengar, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik, beberapa media yang pernah digunakan seperti Gfom dan Quiziz beberapa media tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing Berdasarkan hal tersebut, penulis menggunakan media Instagam Story Untuk meningkatkan mata kuliah Chuji Hanyu Tingli Xia Pendidikan Bahasa Mandarin UNNES Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan dari penelitian ini adalah(1)mengetahui efektifitas penggunaan media Instagram Story dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Chuji Hanyu Tingli Xia Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UNNES angkatan 2021(2) mendeskripsikan efektifitas penggunaan media Instagram Story dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Chuji Hanyu Tingli Xia Prodi Mandarin UNNES angkatan 2021 Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Sumber data diperoleh melalui tes dan kuisioner kepada mahasiswa angkatan 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Unnes. Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji Independent sample t - test data hasil belajar siswa menunjukkan thitung > ttabel ( 2.1392 035 ) dan nilai signifikansinya ( 0.000 < 0.050 ) hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest . Hasil uji N gain score dengan kategori taksiran Nilai N Gain Score 100 % adalah kurang efektif atau menurun dengan hasil 27,464 < 0,3 , berdasarkan data tersebut telah terbukti bahwa penggunaan media Instagram Story tidak berpengaruh dalam meningkatkan pembelajaran Chuji Hanyu Tingli Xia Sedangkan untuk hasil dari pengolahan data kuisioner hasil persentase pada setiap angket respon mahasiswa yaitu pada aspek tercapainya tujuan pembelajaran diperoleh rata - rata sebesar 84 % sangat - setuju , aspek minat peserta didik terhadap penggunaan Instagram Story dalam pembelajaran Bahasa Mandarin diperoleh rata - rata sebesar 86 % sangat setuju pada aspek sikap peserta didik terhadap penggunaan Instagram Story dalam pembelajaran Bahasa Mandarin diperoleh rata - rata sebesar 82 % sangat setuju . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa banyak yang tertarik , termotivasi dan terbantu dengan penggunaan media Instagram Story dalam meningkatkan mata kuliah Chuji Hanyu Tingli Xia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,Bahasa Mandarin,Instagram Story,
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:17
Last Modified: 09 Jan 2024 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60978

Actions (login required)

View Item View Item