PENGEMBANGAN MATERI BUKU SAKU BAHASA MANDARIN DI BIDANG RESTORAN UNTUK MEMBANTU KARYAWAN MEMPELAJARI BAHASA MANDARIN DI RESTORAN ORIENT SOLO


Azzahra Ayu Dannia Putri, 2404418027 (2022) PENGEMBANGAN MATERI BUKU SAKU BAHASA MANDARIN DI BIDANG RESTORAN UNTUK MEMBANTU KARYAWAN MEMPELAJARI BAHASA MANDARIN DI RESTORAN ORIENT SOLO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh minimnya minat para karyawan restoran Orient Solo dalam mempelajari bahasa Mandarin, yang berakibat karyawan tidak dapat berkomunikasi dengan lancar dengan wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu karyawan mempelajari bahasa mandarin terutama bahasa Mandarin bidang restoran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dikembangkan sebuah inovasi dalam media pembelajaran berupa Buku Saku mengenai kosakata bahasa Mandarin dalam bidang restoran. Tujuan dari penelitian ini, adalah: 1) Mendeskripsikan kebutuhan karyawan restoran. 2) Mendeskripsikan hasil prototype materi buku saku. 3) Mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap pengembangan materi buku saku Bahasa Mandarin di bidang restoran untuk membantu karyawan mempelajari Bahasa Mandarin di Restoran Orient Solo. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan memakai 5 tahapan menurut Sugiyono, antara lain: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 85,7 sedangkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 86,1. Hal ini menunjukkan bahwa media buku saku masuk dalam kategori sangat layak/sesuai untuk digunakan dengan beberapa saran perbaikan yang diberikan oleh para ahli pada aspek materi dan media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Buku Saku
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:12
Last Modified: 09 Jan 2024 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60974

Actions (login required)

View Item View Item