STUDI DESKRIPTIF KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK TK B DI PAUD ISLAM BINTANG JUARA


Septi Ambar Wati, 1511415091 (2022) STUDI DESKRIPTIF KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK TK B DI PAUD ISLAM BINTANG JUARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses pemindahan pengetahuan ataupun pengembangan potensi-potensi yang dimiliki subjek didik untuk mencapai perkembangan secara optimal, serta membudayakan manusia melalui proses transformasi nilai-nilai yang utama. Membentuk anak usia dini sebagai pribadi yang mandiri memerlukan proses yang dilakukan secara bertahap. Semua usaha untuk membuat anak usia dini menjadi mandiri sangatlah penting agar anak dapat mencapai tahapan kematangan sesuai dengan usianya. Untuk dapat memberikan arahan dan pembelajaran yang tepat, beberapa orang tua yang bekerja memilih untuk mempercayakan anaknya pada lembaga pengasuhan anak, atau lebih sering disebut Taman Pengasuhan Anak (TPA)/ Daycare. TPA merupakan perpanjangan tangan pemerintah untuk turut mengurus pendidikan dasar pada anak usia dini. Semua orang tua tentu menginginkan TPA yang berkualitas dalam pengasuhan yang terbaik bagi tumbuh kembang anaknya, salah satunya kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelompok TK B PAUD Islam Bintang Juara. Sampel dalam penelitian berjumlah 37 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sampling total. Metode pengumpulan data dengan cara observasi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pencatatan terstruktur model checklist. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistika deskriptif kuantitatif. Hasil analisis deskriptif dari kemandirian anak kelompok TK B PAUD Islam Bintang Juara secara umum menunjukan tingkat yang sedang. Tercatat, dari sejumlah 37 subjek yang terlibat dalam penelitian ini, sebanyak 26 subjek berada pada tingkatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak kelompok TK B di PAUD Islam Bintang Juara berada pada kategori sedang, dengan aspek sosial emosi, fisik dan fungsi tubuh serta aspek intelektual

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:03
Last Modified: 09 Jan 2024 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60973

Actions (login required)

View Item View Item