PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DALAM MATA KULIAH ZHONGGUO LVYOU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Risma Aprilia Widodo, 2404418011 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI DALAM MATA KULIAH ZHONGGUO LVYOU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mata kuliah Zhongguo Lvyou adalah mata kuliah yang bertujuan untuk menambahnya pengetahuan mengenai tempat-tempat wisata yang berada di China. Kegiatan pembelajaran mata kuliah Zhongguo Lvyou menggunakan media pembelajaran seperti presentasi powerpoint dan rangkuman buku teks, hal tersebut diketahui kurang menarik minat mahasiswa untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memutuskan untuk mengembangkan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran permainan monopoli dalam mata kuliah Zhongguo Lvyou agar lebih menarik minat mahasiswa dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kebutuhan dosen dan mahasiswa terhadap media pembelajaran permainan Monopoli dalam mata kuliah Zhongguo lvyou Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. (2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media permainan Monopoli dalam mata kuliah Zhongguo lvyou Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. (3) Mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap media permainan Monopoli dalam mata kuliah Zhongguo lvyou Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R and D (Research and Development) yaitu melalui 5 tahapan : (1) Potensi Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli dalam mata kuliah Zhongguo Lvyou Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan 86,9 yang berarti media sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan monopoli dalam mata kuliah Zhongguo Lvyou Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang mendapatkan nilai 85,1 yang berarti media layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Permainan Monopoli, Zhongguo Lvyou.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:59
Last Modified: 09 Jan 2024 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60972

Actions (login required)

View Item View Item