ANALISIS KESIAPAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH MENENGAH BERBASIS AGAMA DI ENDE
Alsin Pare, 0104518008 (2023) ANALISIS KESIAPAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH MENENGAH BERBASIS AGAMA DI ENDE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penurunan kualitas pendidikan di Indonesia yang tergambar pada survey PISA (Programme for International Student Assessment) selama dua periode terakhir dan meningkatnya kasus-kasus yang melibatkan peserta didik mendorong pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan menerapan kurikulum merdeka belajar dan penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan pendidik, peserta didik, kesiapan kurikulum operasional dan sarana prasarana Sekolah Menengah Berbasis Agama Di Ende dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang melakukan analisis dari berbagai sudut pandang, dimana peneliti tidak saja memperhatikan pendapat dari narasumber saja, tetapi juga kelompok dari narasumber yang relevan dan interaksi antar mereka. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk memeriksa keabsahan data pada penelitian kualitatif maka digunakan taraf kepercayaan data dengan triangulasi Teknik dimana peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda�beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil yang diperoleh Sekolah Menengah Berbasis Agama di Ende ini siap untuk mengimplementasi pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila, dimana tingkat kesiapan sekolah untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila berada pada tahap awal. Pendidik Sekolah Menengah Berbasis Agama di Ende ini siap dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila hal ini dapat dilihat dari 6 indikator kesiapan dalam penelitian ini. Indikator tersebut antara lain kesiapan fisik, kesiapan emosional, kesiapan mempublikasi karya ilmiah dan karya kreatif, kesiapan Kemampuan mempersiapkan, melakukan dan mengevaluasi pembelajaran, Kesiapan Kemampuan dasar dalam memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi, kesiapan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Peserta didik Sekolah Menengah Berbasis Agama di Ende ini siap dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila dilihat dari kesiapan fisik, kesiapan mental, kesiapan emosional, kesiapan kemampuan dasar memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan kesiapan kemampuan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek, namun perlu peningkatan pada kemampuan kognitif karena mendapatkan persentase yang cukup rendah. Kesiapan Sarana Prasarana sekolah cukup mendukung untuk melaksanakan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila namun perlu peningkatan jumlah ruangan kelas dan beberapa sarana lain seperti laboratorium IPA agar bisa memaksimalkan pembelajaran yang dilakukan pendidik dan peserta didik. sedangkan untuk kesiapan kurikulum operasional untuk melaksanakan pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila siap namun butuh persiapan lebih untuk menghasilkan kurikulum operasional untuk mengimplementasi pembelajaran berbasis Profil Pelajar Pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesiapan Sekolah, implementasi Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:58 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60971 |
Actions (login required)
View Item |