PENGEMBANGAN MEDIA ABA (ARABIC BINGO AL-’ADAD) UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI DI KOTA SEMARANG


Syahniar Aulia Pertiwi, 2303418024 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ABA (ARABIC BINGO AL-’ADAD) UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya problematika pembelajaran menyimak bahasa Arab siswa kelas IV MI di Kota Semarang. Selain itu, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai bahasa Arab dan memahami serta menghafal materi karena pembelajaran pernah dilaksanakan secara online dan secara umum para siswa masih kurang memahami materi yang disajikan guru hal tersebut menjadikan kurang maksimal dalam pembelajaran serta media yang digunakan masih sebatas buku, lagu dan lembaran. Maka perlu adanya pengembangan media permainan yang dapat kemampuan menyimak bahasa Arab, oleh karena itu peneliti berupaya untuk mengatasi permasalahan terkait pembelajaran keterampilan menyimak kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni : 1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media ABA (Arabic Bingo Al–’adad, 2) Bagaimana prototipe media ABA (Arabic Bingo Al–’adad), 3) Bagaimana validitas ahli dan dan guru serta perbaikan terhadap produk media ABA (Arabic Bingo Al–’adad). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantilatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap yakni: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media ABA (Arabic Bingo Al–’adad). 2) Prototipe media ABA ini terdiri dari beberapa komponen yakni : Pertama, papan Bingo yang berisikan kolom bilangan dan kosakata serta tempat kartu. Kedua, peta materi berisikan materi yaitu bilangan, kosakata, teks cerita dan kalimat tanya mengenai tema al – ‘unwan (alamat). Ketiga, kartu yang terdiri dari kartu bilangan, kosakata dan evaluasi. Keempat, dadu sebagai alat untuk dimainkan agar para siswa mendapatkan kartu. Kelima, kardus sebagai komponen luar untuk pembungkus seperangkat media pembelajaran ABA. 3) Penilaian ahli media, ahli materi, dan guru didasarkan pada keseluruhan aspek dalam media pembelajaran. Aspek penilaian kelayakan isi memperoleh nilai 3,7 dari guru dan ahli. Pada aspek penyajian, memperoleh nilai 4,00 dari guru dan ahli. Pada aspek grafis, memperoleh nilai 3,8 dari guru dan ahli. Sehingga, diketahui bahwa nilai dari keseluruhan aspek kelayakan media ialah 3,83. Jadi, nilai keseluruhan aspek kelayakan media berada pada rentangan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media ABA (Arabic Bingo Al–’adad), Menyimak, Bahasa Arab, Siswa kelas IV
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:37
Last Modified: 09 Jan 2024 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60967

Actions (login required)

View Item View Item