LEARNING LOSSPADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ERA PANDEMI DI MAN 4 BOYOLALI (ANALISIS DESKRIPTIF)


Triana Khoirunnisa, 2303418006 (2022) LEARNING LOSSPADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ERA PANDEMI DI MAN 4 BOYOLALI (ANALISIS DESKRIPTIF). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Learning loss merupakan keadaan dimana siswa mengalami penurunan peningkatan atau bahkan tidak menunjukkan sama sekali peningkatan pengetahuan maupun keterampilan akademis yang disebabkan karena kondisi tertentu. Learning loss sendiri dapat terjadi pada berbagai jenjang pendidikan dan mata pelajaran, tak terkecuali pada bahasa Arab. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti tertarik melakukan penelitian terkait learning loss pada pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 Boyolali. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya Learning Loss pada pembelajaran bahasa Arab pada saat dan pasca pembelajaran jarak jauh di MAN 4 Boyolali, (2) mendeskripsikan solusi yang bisa digunakan untuk meminimalisir Learning Loss pada pembelajaran bahasa Arab pada saat dan pasca pembelajaran jarak jauh di MAN 4 Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, wawancara dan observasi.Data hasil angket dianalisis menggunakan Teknik persentase. Adapun data hasil wawancara dianalisis menggunakan Teknik IPA (Interpretative Phenomenologycal Analysis).Sedangkan data yang diperoleh dari hasil observasi disajikan ke dalam teks berbentuk narasi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MAN 4 Boyolali mengalami learningloss pada pembelajaran bahasa Arab pada saat dan pasca pembelajaran jarak jauh dilakukan. Adapun faktor penyebab learningloss pada pembelajaran bahasa Arab di MAN 4 Boyolali adalah karena pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab daring yang kurang lancar, penurunan motivasi belajar pada siswa, interaksi antar guru dan siswa yang tidak efektif, serta adanya berbagai problematika yang dihadapi siswa selama mengikuti pembelajaran bahasa Arab online. Adapun tawaran solusi yang dapat digunakan untuk meminimalissir learningloss yakni dengan menerapkan metode pembelajaran gamifikasi dan metode pembelajaran berbasis kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Loss, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:29
Last Modified: 09 Jan 2024 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60966

Actions (login required)

View Item View Item