ANALISIS METAFORA PADA LIRIK LAGU SAYURI


Anita Rahmawati, 2302418034 (2022) ANALISIS METAFORA PADA LIRIK LAGU SAYURI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gaya bahasa metafora pada lirik lagu Sayuri. Metafora adalah gaya bahasa yang mengungkapkan suatu hal dengan hal lain. Penggunaan metafora tidak hanya ditemukan dalam karya sastra seperti novel atau puisi saja, tetapi juga sering ditemukan pada lirik lagu. Penelitian ini menganalisis metafora konseptual dan mengasosiasikan maknanya dengan menggunakan memori semantik. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah 19 lirik lagu Sayuri. Sayuri adalah penyanyi yang berasal dari Jepang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dengan teknik catat. Data bersumber dari YouTube Sayuri dan situs web penyedia lirik lagu. Hasil dari penelitian ini ditemukan sebanyak 31 data ungkapan metafora pada lirik lagu Sayuri, yang terbagi menjadi tiga terminologi metafora, yaitu metafora struktural berjumlah 13 buah, metafora orientasional berjumlah 2 buah, dan metafora ontologikal berjumlah 16 buah. Memori semantik mempermudah dalam memaknai keseluruhan makna dalam setiap data dan lebih sering ditemukan tentang perasaan yang dimiliki oleh seseorang dalam ungkapan metafora.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metafora, lirik lagu, Sayuri
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:12
Last Modified: 09 Jan 2024 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60963

Actions (login required)

View Item View Item