ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN MADRASAHDALAM PENCEGAHANCOVID-19 SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MTS NEGERI 3 REMBANG


Fayruza Nuril Akhyana, 6411418156 (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN MADRASAHDALAM PENCEGAHANCOVID-19 SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MTS NEGERI 3 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu bidang terdampak pandemi COVID-19. Upaya pencegahan penyebaran COVID-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan untuk segera mengoptimalkan peran Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M). Pada tahun 2021 cakupan pelayanan/penjaringan kesehatan oleh puskesmas pada peserta didik SMP/MTs di Kabupaten Rembang mengalami penurunan semula pada tahun 2020 mencapai 93,3% menjadi 90,5%, hal ini karena MTs Negeri 3 Rembang tidak melakukan pendataan, monitoring, evaluasi serta pelaporan kepada Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program UKS/M dalam pencegahan COVID-19 selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Penelitian dilaksanakan di MTs N 3 Rembang pada bulan Maret-Mei 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini terdiri dari 9 informan utama dan 11 informan triangulasi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta protokol kesehatan 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas), sudah dilakukan, namun UKS/M tidak berperan. UKS/M telah termasuk dalam bagian Satuan Tugas COVID-19, koordinasi dengan Puskesmas terkait 3T (Testing, Tracking, dan Treatment) sudah dilakukan terdiri dari tes swab serta vaksinasi. Sarana sanitasi yang ada di MTs Negeri 3 Rembang sudah sesuai dengan standar pada Pedoman Program Sanitasi Sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usaha Kesehatan Sekolah, Pencegahan COVID-19
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:07
Last Modified: 09 Jan 2024 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60962

Actions (login required)

View Item View Item