RESPON MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP PENGGUNAAN LAGU MNEMONIC UNTUK PEMBELAJARAN PASSÉ COMPOSÉ


Agni Dewi Hawaningtyas, 2301415037 (2022) RESPON MAHASISWA SEMESTER II PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TERHADAP PENGGUNAAN LAGU MNEMONIC UNTUK PEMBELAJARAN PASSÉ COMPOSÉ. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Prancis merupakan Bahasa asing yang sukar dipelajari, salah satunya dalam hal penggunaan kala waktu passé composé terdapat banyak hal yang harus diketahui dan dipahami pembelajar, yaitu participe passé, auxiliare, dan penggunaan accord du participe passé. Oleh karena itu, pembelajar harus menghafal segala verba dan ketentuan yang akan digunakan untuk passé composé, perlu adanya dukungan dari lingkungan untuk dapat meneghafal dan memahami materi yang diberikan, mulai dari media dan teknik pembelajaran dan suasana belajar yang tidak menyenangkan. Media lagu sendiri sering digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran dan teknik mnemonic sering digunakan untuk menghafal banyak hal. lagu mnemonic adalah media pembelajaran yang sudah ada yaitu media lagu yang telah digubah lirik lagunya menggunakan teknik mnemonic sesuai dengan pembelajaran materi passé composé. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk quasi experiment. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNNES. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa dan menambah wawasan bagi pengajar dan mahasiswa semester II UNNES terhadap penggunaan media lagu mnemonic untuk pembelajaran passé composé. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa respon global penggunaan media lagu mnemonic memiliki jumlah skor 2.963 yang termasuk kriteria “Sangat Baik” sedangkan hasil data secara individu menunjukkan sebanyak 57% atau 24 mahasiswa termasuk ke dalam kriteria “Sangat Baik” dan sisanya sebanyak 43% atau 18 mahasiswa termasuk dalam kriteria “Baik”. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lagu mnemonic dalam pembelajaran passé composé dapat membantu mahasiswa lebih mudah memahami materi terkait passé composé dan memberikan mahasiswa suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan juga mempengaruhi tingkat ketegangan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lagu mnemonic, passé composé, respon.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:07
Last Modified: 09 Jan 2024 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60960

Actions (login required)

View Item View Item