PENGARUH VARIASI TEKANAN UDARA DAN JENIS SPRAY GUN TERHADAP DAYA KILAP DAN KETEBALAN HASIL PENGECATAN PLAT BAJA KARBON RENDAH (ST 37)


Ilyas Abdul Jafar, 5202416079 (2023) PENGARUH VARIASI TEKANAN UDARA DAN JENIS SPRAY GUN TERHADAP DAYA KILAP DAN KETEBALAN HASIL PENGECATAN PLAT BAJA KARBON RENDAH (ST 37). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan spray gun sangatlah umum digunakan dan memegang peranan penting dalam sebuah proses pengecatan, tipe dan jenis spray gun yang digunakan berpengaruh terhadap hasil permukaan cat pada sebuah proses pengecatan bodi kendaraan. Penggunaan tekanan udara selama proses pengecatan juga tak kalah penting dalam upaya meminimalisir terjadinya cacat permukaan. Penggunaan jenis spray gun dan pengaturan setelan spray gun yang tidak tepat dapat menjadi penyebab tekstur dan nilai ketebalan permukaan cat menjadi tidak merata dan berpengaruh pada hasil kekilapan permukaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis spray gun dan tekanan udara terhadap nilai daya kilap cat pada lapisan clear coat, mengetahui nilai ketebalan setiap lapisan dan total lapisan hasil pengecatan pada plat baja karbon rendah (ST 37) serta mengetahui karakteristik dari tiga jenis spray gun yang akan digunakan. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental. Penelitian ini menggunakan tiga jenis spray gun yang berbeda yaitu jenis konvensional, HVLP (High Volume Low Pressure) dan LVLP (Low Volume Low Pressure) dengan ukuran nosel 1.3 dan merk yang sama yaitu merk Auarita dengan dikombinasikan variasi tekanan udara 1 bar, 2 bar, 3 bar, 4 bar dan 5 bar serta mengaplikasikannya pada material plat baja karbon rendah (ST 37). Cat dan thinner yang digunakan yaitu merk Penta dengan rasio campuran 1:1,6 pada keseluruhan lapisan cat. Pengujian daya kilap menggunakan Gloss Meter dan pengujian ketebalan cat menggunakan Paint Coating Thickness Gauge. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tekanan udara yang optimal pada penggunaan jenis spray gun konvensional berkisar pada tekanan udara 3-5 bar sedangkan tekanan udara yang optimal pada penggunaan jenis spray gun HVLP (High Volume Low Pressure) dan LVLP (Low Volume Low Pressure) berkisar pada tekanan udara 1-3 bar. Tekanan udara yang tepat akan menghasilkan nilai ketebalan cat yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis spray gun yang digunakan akan mempengaruhi nilai daya kilap permukaan cat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jenis spray gun; tekanan udara; daya kilap; ketebalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:59
Last Modified: 09 Jan 2024 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60959

Actions (login required)

View Item View Item