HEGEMONI DAN BAGIAN INTEGRALNYA DALAM ROMAN OÙ J’AI LAISSÉ MON ÂME KARYA JÉRÔME FERRARI : SEBUAH KAJIAN TEORI HEGEMONI ANTONIO GRAMSCI


Riza Wahyuning Budihayu, 2311419048 (2023) HEGEMONI DAN BAGIAN INTEGRALNYA DALAM ROMAN OÙ J’AI LAISSÉ MON ÂME KARYA JÉRÔME FERRARI : SEBUAH KAJIAN TEORI HEGEMONI ANTONIO GRAMSCI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Roman Où J ’ai Laissé Mon Âme menceritakan tentang kondisi selama perang Aljazair mengenai kondisi penderitaan-penderitaan, dan kebencian yang dilakukan oleh kapten Degorce dengan tujuan melakukan kontrol yang dilakukan oleh militer Prancis sebagai pihak yang berkuasa atas Aljazair agar tahanan yang berada di Aljazair tidak dapat bebas. Peristiwa tersebut berkaitan dengan hegemoni, hegemoni merupakan cara yang dilakukan oleh kelompok atau seseorang untuk melakukan kontrol oleh pihak yang berkuasa terhadap pihak yang dikuasai agar secara sadar pihak yang dikuasai menyetujui. Maka dari itu penelitian ini akan mengkaji hegemoni dan permasalahan yang ditemukan mengenai bentuk kontra hegemoni pada hegemoni, relasi hegemoni dan kekuatan kelas, dan dampak dari perang posisi pada suatu negara yang di hegemoni. Hasil penelitian menunjukkan adanya bentuk hegemoni pada senior militer Prancis terhadap perwira militernya dan terjadi hegemoni pada orang-orang Aljazair oleh militer Prancis serta terdapat kekuatan kelas yang berhubungan dengan hegemoni di mana jabatan sebagai kapten militer memiliki pengaruh yang besar dalam menghegemoni serta dampak yang terjadi karena adanya perang posisi ketika negara di hegemoni. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa didalam hegemoni terdapat bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hegemoni atau bagian integral. Hegemoni yang dilakukan oleh Prancis dengan perantara tentara militernya kepada Aljazair menyebabkan terjadinya kontra hegemoni, kekuatan kelas hubungannya dengan hegemoni dan dampak perang posisi dari adanya hegemoni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kekuatan Kelas, Kontra Hegemoni, Où J ’ai Laissé Mon Âme, Perang Posisi.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:28
Last Modified: 09 Jan 2024 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60951

Actions (login required)

View Item View Item