PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS DR SETIA BUDI


Andika Dwi Priyabada, 1401418211 (2023) PENGARUH KONSEP DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS DR SETIA BUDI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Konsep diri, kemandirian belajar, dan disposisi matematis merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Berdasarkan data pra penelitian yang diperoleh melalui wawancara dan observasi diketahui bahwa konsep diri, kemandirian belajar, dan disposisi matematis siswa kelas V masih rendah, serta kemampuan berpikir kritis matematika siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 137 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sejumlah 101 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian di transformasikan dengan Method Succesive Interval. Selanjutnya analisis data, sebelum analisis data dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, heterokesdastisitas, dan auto korelasi. Setelah data memenuhi uji persyaratan, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi berganda, uji F, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,757 dalam kriteria kuat; (2) tedapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nila koefisien korelasi 0,747 dalam kriteria kuat; (3) tedapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disposisi matematis dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,698 dalam kriteria kuat; (4) tedapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri, kemandirian belajar, dan disposisi matematis secara bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis matematika diperoleh nilai koefisien korelasi 0,796 dalam kriteria kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri, kemandirian belajar, dan disposisi matematis dengan kemampuan berpikir kritis matematika. Saran guru hendaknya meningkatkan konsep diri, kemandirian belajar, dan memperhatikan disposisi matematis siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, kemandirian belajar, disposisi matematis, dan kemampuan berpikir kritis matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:06
Last Modified: 09 Jan 2024 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60946

Actions (login required)

View Item View Item