PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 1 KABUPATEN DEMAK


Avisha Fitriani, 1401417114 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KARANGANYAR 1 KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya penggunaan media dan persentase 61,5% dari 26 siswa hasil belajar muatan pelajaran matematika masih rendah. Maka, diperlukan pengembangan media untuk menciptakan proses pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan keefektifan media board game berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran khususnya pada materi sifat-sifat bangun datar kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model rancangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas III SDN Karanganyar 1 Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji N-Gain. Penelitian ini menghasilkan produk media board game berbasis etnomatematika materi sifat-sifat bangun datar. Kelayakan media dibuktikan dari penilaian ahli materi dengan presentase 90% termasuk kriteria sangat layak dan 84% dari ahli media termasuk kriteria layak. Keefektifan media diuji dengan perhitungan hasil nilai pretest dan postest menggunakan uji t berpasangan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 yang dinyatakan bahwa Ha diterima, dengan diperoleh peningkatan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,58 yang termasuk kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa media board game berbasis etnomatematika layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Karanganyar 1 Kabupaten Demak. Peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan media board game berbasis etnomatematika untuk melatih siswa dalam memahami materi sifat-sifat bangun datar dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Selain itu peneliti juga mengharapkan agar guru mengembangkan permainan sebagai media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Board Game, Etnomatematika, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:02
Last Modified: 09 Jan 2024 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60944

Actions (login required)

View Item View Item