DAMPAK PENGASUHAN OTORITATIF DAN PENGASUHAN PERMISIF TERHADAP EKSPLORASI KARIER ANALISIS MEDIASI CAREER DECISION SELF-EFFICACY


Asri Khoeriyah, 0106520020 (2023) DAMPAK PENGASUHAN OTORITATIF DAN PENGASUHAN PERMISIF TERHADAP EKSPLORASI KARIER ANALISIS MEDIASI CAREER DECISION SELF-EFFICACY. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Eksplorasi karier penting dilakukan individu untuk menggali informasi dalam merencanakan karier dengan membangun kesadaran yang lebih besar mengenai berbagai jenis informasi. Salah satu faktor yang juga mempengaruhi eksplorasi karier adalah career decision self-efficacy. Individu dengan career decision self-efficacy yang tinggi akan berhasil membuat keputusan karier yang mencakup penilaian diri, perolehan informasi pekerjaan, penentuan tujuan karier. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pengasuhan otoritatif dan pengasuhan permisif terhadap eksplorasi karier dengan career decision self�efficacy sebagai mediator. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa SMK di Kota Tasikmalaya sebanyak 370 siswa kelas X, XI, XII yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan parental authority questionnaire scale, career exploration survey scale dan career decision self-efficacy scale short form. Teknik analisis mediator menggunakan teknik bias corrected bootstrap method N = 5000 dengan interval kepercayaan 95% pada software PROCESS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan pengasuhan otoritatif terhadap eksplorasi karier melalui career decision self-efficacy sebesar (R= .735, p<0.01). Melihat hasil pengaruh model mediasi dari career decision self-efficacy terhadap pengasuhan otoritatif adalah signifikan, pengasuhan otoritatif mempengaruhi eksplorasi karier serta terdapat mediasi dimaknai yang terjadi mediasi parsial. Sebaliknya tidak ada hubungan pengasuhan permisif terhadap eksplorasi karier melalui career decision self-efficacy (R= .727, p<0.01). Hasil pengaruh model mediasi dari career decision self-efficacy terhadap pengasuhan permisif adalah signifikan, serta terdapat mediasi dimaknai yang terjadi mediasi penuh. Implikasi dari penelitian ini menyarankan pentingnya meningkatkan eksplorasi karier siswa guna untuk menyadari pentingnya career decision self�efficacy. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan inovasi penelitian dalam hal populasi dan sampel, memperluas variabel penelitian (variabel independen, dependen, mediator dan moderator).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengasuhan otoritatif, pengasuhan permisif, eksplorasi karier, career decision self-efficacy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:43
Last Modified: 09 Jan 2024 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60938

Actions (login required)

View Item View Item